Pawai Obor Sambut Ramadhan di Sawangan Permai

DEPOK – Kamis 25 Mei 2017, 19:30 Begitu banyak tradisi dan agenda dalam rangka menyambut dan memeriahkan bulan suci Ramadhan. Setiap daerah mempunyai kebiasaan dan keunikan yang berbeda, begitupula yang diselenggarakan di masjid Arrahiim Sawangan permai . Tahun ini, DKM (Dewan Kemakmuran Mesjid) Arrahim melalui panitia Ramadhan, menyambut Ramadhan dengan berbagai agenda yang menarik diantaranya road show setiap Minggu sore ke beberapa Mushola sekitar masjid acara ini bekerjasama dengan komunitas dongeng dalam rangka memberikan edukasi seputar Ramadhan yang sasaran kegiatannya adalah anak-anak dan remaja. Acara ini dimulai empat pekan sebelum Ramadhan tepatnya pada tanggal 30 April di Mushola Annur blok B dan akan ditutup pada Minggu 28 Mei 2017 dimesjid Arrahim Sawanan permai. Acara ini disambut meriah oleh anak-anak mushola sekitar. Selain road show,dalam rangka menyambut bulan Ramadhan ini DKM mengdakan acara pawai obor.

Pawai obor ini dilaksanakan pada hari kamis 25 Mei 2017 setelah sholat Isya, dimulai dengan sholat Isya berjma’ah di masjid Arrahim kemudian ada arahan dari panitia menganai esensi dari pawai itu sendiri, panitia menjelaskan pada anak-anak bahwa pawai obor ini bukan sekedar berkeliling membawa obor namun ada esensi sejarahnya , dahulu sebelum ada listrik seperti saat ini, nenek moyang kita berkeliling untuk memberitahukan bahwa besok kita berpuasa. Ujar Bu Sukma selaku panitia dan koordinator komunitas dongeng. Setelah itu seluruh peserta berkeliling di sekitar komplek membawa obor yang telah disiapkan panitia.

Animo masyarakat sangat luar biasa dibuktikan dengan pserta yang mengikuti acara ini. sekitar 300 peserta. Kami tak menyangka pawai obor ini akan semeriah ini. Ujar salah satu panitia. Peserta terdiri dari anak-anak usia 5-13 tahun juga didampingi oleh orang tuanya masing-masing. Setiap taun kami mengadakan acara ini, tujuannya adalah mengajak anak-anak untuk datang ke Musholanya mendekatkan kembali anak-anak ke mesjid dan memeriahkan serta bersuka cita menyambut datangnya bulan yang mulia ini. Semoaga tetap istiqomah ujar Bu Sukma selaku ketua komunitas dongeng.

Alhamdulillah tahun ini acara kami lebih banyak dan meriah dibuka dengan dongeng anak sholeh kmudian InsyaAlloh akan ada pesantren Ramadhan bagi anak-anak harapannya dengan adanya pawai obor ini menjadi stimulus dan sarana informasi bagi anak-anak untuk bisa mengikuti acara pesantren Ramadhan yang akan diadakan setiap hari selama bulan Ramadhan. Selain acara bagi anak-anak Masjid Ar Rahim Juga mempunyai program kajian subuh dan Duha yang akan dibawakan pemateri ustad-ustad pilihan, program menghafal Al-qur’an bagi jama’ah kapanpun jama’ah sempatnya InsyaAlloh panitia standbay 24 jam ada juga program takjil gratis, InsyaAlloh panitia menyiapkan paket takjil, dan paket sahur bagi para jama’ah yang ingin berbuka dan sahur dimasjid Arrahim, diadakan pula pasar dan bazar Ramadhan untuk muamalah masjid sebagai jembatan aktivitas bagi jamaah serta santunan anak yatim dan duafa seluruh kegiatan tersebut intinya untuk mengajak masyakarat islam agar kembali ke masjid. Ujar pak Wisnu Broto selaku ketua panitia Ramadhan 1439 H.

Tentunya agenda agenda diatas memerlukan biaya yang lumayan besar dibutuhkan dana sekitar 160 juta rupiah untuk mesukseskan acara ini, Alhamdulillah sampai saat ini terkumpul dana 100 juta rupiah, bagi para muhsinin yang mau berpartisipasi dalam acara tersebut bisa langsung datang ke masjid Arrahim sawangan permai. Atau bisa langsung transfer donasi melalui No Rekening BSM (Bank Syari’ah Mandiri) 7098783727 atas nama Rumah Umat Ar Rahim. atau bisa juga menghububungi +62 813-7326-3928 (Hairul Amien/M. Iqbal).

Comments

comments