Pasar Aman Belanja Nyaman

Pedagang sayur di Pasar Depok Jaya. (Foto Kalika)

Keamanan menjadi salah satu faktor penting untuk membuat pengunjung merasa nyaman berada didalam pasar. Demikian pula dengan salah satu pasar tradisional yang ada di Kota Depok, yaitu Pasar Depok Jaya yang terletak di Jalan Nusantara, Kecamatan Pancoran Mas.

Aktivitas para penjual sayur, buah-buahan ataupun penjual daging dimulai sejak pukul 05.00 WIB, karena biasanya mereka merapihkan terlebih dahulu barang dagangannya sebelum para pembeli datang. Transaksi antara penjual dan pembeli pun dimulai pukul 06.00 WIB. Selain sayur, buah atau daging, Pasar Depok Jaya juga menjual berbagai macam pakaian, alat make up dan alat tulis yang terletak di lantai 2 dan 3. Sehingga pasar ini dapat dikatakan dengan pasar yang komplet untuk para pembelinya.

BACA JUGA:  Walikota : PIK R Menjadi Wadah bagi Remaja Mencari Informasi

Salah satu hal yang membuat pasar ini nyaman bagi para pembelinya dibandingkan dengan pasar tradisional lainnya ialah sistem keamanan yang sangat diutamakan. Hal ini terbukti jelas dengan adanya patroli keliling yang dilakukan oleh para petugas keamanan Pasar Depok Jaya, baik di dalam gedung maupun dihalaman parkirnya.

“Jadi kami sistemnya itu jaga 24 jam. Biasanya untuk patroli dilakukan oleh 2 petugas keamanan. Kami memantau di dalam gedung dan diluarnya juga. Semisal lagi ramai pembeli seperti hari libur, maka kami lebih perketat dalam mengawasi keadaan yang terjadi di dalam pasar agar pembeli pun merasa aman ketika berbelanja. Aktivitas jual beli selesai pukul 18.00 WIB, setelah itu kami mulai menutup beberapa pintu di pasar. Biasanya, para penjahit disini pulang lebih akhir dari para penjual yang lainnya, oleh karena itu pukul 21.00 WIB barulah kami menutup semua pintu dan menggemboknya. Setelah semua tutup, Pasar Depok Jaya tetap dalam pengawasan para petugas keamanan,” ujar Mahari selaku petugas keamanan Pasar Depok Jaya.

BACA JUGA:  Depok Raih Juara Tiga Stand Terbaik di GPKD Expo 2018

Bentuk keamanan di Pasar Depok Jaya yang lainnya ialah dilengkapi kamera CCTV yang terpasang di beberapa titik baik di dalam atau di luar gedung yang tentunya dapat memantau segala aktivitas yang terjadi. Selain itu, di Pasar Depok Jaya juga memiliki peraturan bahwa pengamen, pengemis dan pedagang asongan dilarang masuk. Tujuan dari peraturan ini agar penjual dan pembeli tidak merasa terganggu ketika berbelanja.

“Alhamdulillah sih selama saya berbelanja disini enggak pernah kecopetan. Saya juga kan tiap hari belanja kesini soalnya deket dari rumah, selama itu juga saya belum pernah ngeliat pembeli ada yang kecopetan. Mudah-mudahan sih jangan sampe terjadi. Menurut saya, Pasar Depok Jaya nyaman dan aman ya dibandingkan dengan pasar tradisional lainnya,” jelas Ayu selaku pembeli di Pasar Depok Jaya. (Kalika Diah Prameswari Marpaung/PNJ)

BACA JUGA:  Pemkot Depok Wadahi Bakat Seni Pemuda Lewat Taman Musik

Comments

comments