Komunitas Literasi Depok Kenalkan Program Donasi Buku

Pemberian donasi buku secara simbolis ke dalam kotak Donasi Buku (SiBuk), di Aula Lantai 1 Dinas Kerasipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Jumat (19/05/2017). (Foto : Guntur/Diskominfo)

DEPOK – Komunitas Literasi Kota Depok bertekad mengumpulkan donasi satu juta buku melalui program Donasi Buku (SiBuk). Hal tersebut sebagai upaya meningkatkan semangat literasi di Kota Depok.

Demikian ditegaskan Koordinator Komunitas Literasi Depok, Nur Indrawati Pary, Senin (29/05/2017). Lebih lanjut Nur Indrawati juga mengatakan bahwa program SiBuk merupakan program yang dicanangkan untuk mendorong upaya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok dalam menambah ketersediaan buku yang ada di Depok.

“Kalau jumlah bukunya kurang, maka semangat masyarakat untuk membaca dan menggerakkan literasi juga akan kurang. Maka, solusi yang coba kami buat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan program SiBuk ini. Artinya, setiap orang bisa mendonasikan buku yang dimilikinya untuk kemudian kami himpun sebelum nantinya kami bagikan,” jelas Indrawati seperti dikutip situs resmi Pemkot Depok, depok.go.id.

Lebih lanjut, wanita yang juga menjabat sebagai Fungsional Pustakawan di Diskarpus Kota Depok tersebut menuturkan, setiap buku yang telah didonasikan tersebut nantinya akan didistribusikan ke setiap taman bacaan masyarakat dan perpustakaan yang ada di Kota Depok. Untuk itu, pihaknya akan bersinergi dengan seluruh elemen terkait, agar seluruh buku yang telah terkumpulkan dapat tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran.

“Jadi selain di taman baca dan perpustakaan, buku-buku itu juga akan kami distribusikan ke setiap pojok bacaan baik yang ada di tingkat RT, RW, maupun di rumah sakit yang ada di Kota Depok. Sehingga, sambil melakukan donasi buku kami juga bisa membangun jaringan dengan pihak-pihak tersebut. Agar semangat literasi ini semakin kuat,” terangnya.

Dikatakannya, program pengumpulan donasi buku tersebut akan dilaksanakan dalam kurun waktu selama satu tahun. Menurut Indrawati, pihaknya juga akan meletakkan sejumlah kotak donasi di sejumlah tempat yang menjadi pusat kegiatan masyarakat di Kota Depok.

“Kami sudah membuat kotak donasi untuk diletakkan di setiap rumah sakit, mal dan tempat keramaian lainnya yang ada di 11 Kecamatan di Kota Depok. Nantinya, teman-teman dari Komunitas Literasi Depok juga akan berkoordinasi dengan pejabat terkait seperti Pemerintah Kota (Pemkot) maupun Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) yang ada di Kota Depok. Sehingga, harapannya kalau semua pihak bekerjasama, maka pengumpulan donasi satu juta buku ini bisa terwujud,” tandasnya. []

Comments

comments