Kadisdik: Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP di Depok Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Mohammad Thamrin bersama Walikota Depok memantau jalannya UNBK di SMPN 3 Depok, Sukmajaya. (Foto San)

DEPOK – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) telah selesai dilaksanakan oleh seluruh SMP di Kota Depok. UNBK tingkat SMP ini sendiri adalah untuk yang pertama kalinya diterapkan.

Ditemui usai melakukan pantauan langsung di SMPN 3 Depok dan MTs Al-Kautsar di berada di wilayah Sukmajaya, Senin (8/5/2017), Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Mohammad Thamrin mengatakan bahwa secara umum UNBK tingkat SMP ini berjalan lancar tanpa ada kendala berarti.

“Alhamdulillah hingga hari terakhir ini laporan dari sekolah-sekolah nampaknya berjalan lancar semua, dan mudah-mudahan untuk sesi ketiga ini cuaca juga bersahabat. Karena di sesi ketiga ini yang rawan khawatir hujan dan petir,” jelas Thamrin.

BACA JUGA:  Ijtima Ulama II Siap Digelar Akan Hadirkan Prabowo dan Sandiaga Uno

Meski begitu Thamrin megatakan bahwa dimasing-masing sekolah sudah diantisipasi dengan generator listrik sebagai cadangan matinya listrik serta disediakan juga komputer cadangan.

“Dimasing-masing sekolah memang disediakan genset untuk antisipasi, juga berkaitan dengan server atau komputer cadangan juga disiapkan untuk masing-masing ruangan minimal tiga komputer,” jelasnya.

Selain faktor kendala cuaca, Thamrin mengatakan untuk jaringan internet rata-rata sudah bagus, namun dibeberapa sekolah masih ditemui adanya kendala kelebihan beban listrik hingga sedikit mengganggu jalannya proses ujian.

“Listrik aja yang kadang-kadang turun, karena sekolah misalnya punya daya hanya 3000Kv lalu semua komputer terpasang semua itu menjadi drop. Makanya kami sarankan kepada pihak sekolah ketika saat ujian, dicabut dulu semua yang tidak terlalu diperlukan,” jelasnya.

BACA JUGA:  The Power of Pensiun, Merancang Masa Pensiun Sejahtera

Meski begitu, Thamrin mengatakan bahwa secara umum UNBK tingkat SMP ini bisa dikatakan berjalan lancar. Ia juga mengatakan bahwa ditahun 2017 ini pihak Pemkot akan kembali menyalurkan bantuan dana BOS untuk sekolah-sekolah agar bisa menambahkan komputernya.

Di Kota Depok sendiri tercatat 25.653 siswa tingkat SMP baik negeri maupun swasta yang mengikuti ujian berbasis komputer ini. (San)

 

Comments

comments