Beranda Kesehatan Jeruk Nipis Pembasmi Jerawat

Jeruk Nipis Pembasmi Jerawat

Ilustrasi. (Istimewa)

Memiliki wajah yang mulus, putih dan bersinar menjadi dambaan setiap wanita. Terkadang hal itu sulit terwujud karena timbulnya masalah-masalah kulit.

Ada banyak masalah kulit yang dialami oleh wanita. Setiap kulit wajah pasti memiliki masalah tersendiri seperti kulit berminyak, mudah kusam, kering dan berjerawat. Terutama timbulnya jerawat yang menjadi masalah besar bagi para wanita.

Jerawat yang timbul di wajah membuat wanita kurang percaya diri karena menganggu penampilan dan merasa kurang cantik dengan adanya jerawat di wajah. Terlebih lagi dengan jerawat yang timbul membesar pada bagian-bagian yang mudah terlihat seperti hidung, pipi serta kening.

Jerawat yang timbul bukan tanpa sebab melainkan ada akibat tertentu yang menimbulkan jerawat di wajah. Biasanya jerawat yang timbul karena produksi minyak berlebihan pada kulit, hormon, bakteri, sel-sel kulit mati, kurang menjaga kebersihan, mengkonsumsi minuman bersoda, alergi pada makanan dan minum, adanya friksi atau tekanan pada kulit, dan lain-lain.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

Banyak cara untuk menghilangkan jerawat. Mulai dari yang modern menggunakan lasser dan segala macam krim dan obat-obatan serta dengan cara alami menggunakan bahan-bahan herbral. Ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan herbal atau tumbuhan, yaitu masker alpukat dan madu, baking soda, lemon, pasta gigi, ketimun, minyak pohon teh, sari cuka apel, putih telur serta jeruk nipis.

Diantara bahan-bahan herbal tersebut, jeruk nipis menjadi bahan herbal paling efesien untuk menghilangkan jerawat. Jeruk nipis bisa menjadi alternatif penyembuhan yang cukup murah untuk mengatasi jerawat pada wajah.

Jeruk nipis yang dikenal sebagai bumbu dapur ini ternyata memiliki banyak sekali khasitanya untuk kesehatan kulit dan wajah. Selain untuk menghilangkan jerawat, jeruk nipis ini dapat pula menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan wajah. Kandungan vitamin C yang ada pada jeruk nipis inilah yang membantu peremajaan sel-sel kulit dan melarutkan kandungan lemak pada jerawat.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat. Cara pertama dalam menyembuhkan jerawat beserta bekasnya seperti noda hitam atau bopeng adalah dengan menggunakan dagingnya. Belah jadi dua jeruk nipis. Setelah itu oleskan jeruk nipis tersebut keseluruh wajah anda, terutama pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan selama beberapa menit hingga air jeruk nipis meresap kedalam kulit anda. Selama proses peresapan kulit akan terasa perih yang ditimbulkan oleh kadungan vitamin C yang sedang bekerja.

Cara kedua hampir sama dengan cara pertama namun kali ini kita akan mencampur jeruk nipis dengan air hangat. Pertama siapkan jeruk nipis dan peras airnya, kemudian campur dengan air hangat. Basukan keseluruh permukaan wajah anda hingga merata kemudia setelah kering basuh dengan air dingin.

Cara yang terakhir dengan mencampurkannya dengan madu. Madu juga termasuk bahan alami yang sangat kaya manfaatnya untuk kesehatan manusia. Caranya adalah siapkan air perasan jeruk nipis dan taruh pada wadah kemudian campur dengan madu. Aduk secara merata dan jadikan masker untuk wajah anda, diamkan lalu bilas dengan air bersih.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

Cara ketiga ini lakukan secara rutin hingga jerawat benar-benar hilang, kombinasikan dengan cara pertama atau kedua untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menghilangkan jerawat menggunakan jeruk nipis merupakan pilhan yang bijak karena alami dan aman daripada menggunakan obat-obatan yang berbahan kimia sehingga dapat menyebabkan efek samping pada kulit.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami dengan jeruk nipis. Dari ketiga cara di atas, yang mana cara kesukaan Anda? Apapun cara kesukaan Anda, ketiga cara di atas adalah cara yang ampuh dalam menghilangkan jerawat. Selamat mencoba! (Rifani Indrianti/PNJ)

Komentar

komentar