Jembatan di Pitara Amblas, Akses ke Margonda Terputus

Lokasi jembatan yang amblas. (Foto Des/DepokPos)

DEPOK  – Sejak pukul 23.00 WIB, Senin (1/5) jembatan penghubung dari arah Citayam ke Depok melalui Depok Sandra, yang dikenal masyarakat sekitar jembatan H. Tohir atau jembatan sengon amblas karena beban kendaraan dan sudah lamanya usia jembatan itu.

Jembatan vital yang menghubungi dari arah Citayem, Jembatan Serong, Kp. Rawa Denok, Kp. Benda, Kp. Blok Sawo, Pitara, dan Wadas kelurahan Pancoran Mas, kelurahan Cipayung ke arah kota Depok maupun Jakarta yang melintasi Pitara terputus sejak pukul 11 malam. “Sejak hujan dari sore, memang sudah dirasakan jembatan H. Tohir ini goyang, dan jam 11 malam ada patahan di ujung jembatan, dan jalan retak,” ujar Mamat penduduk sekitar yang sudah dari malam memperhatikan kondisi jembatan H. Tohir yang dikenal warga sebagai jembatan pemancingan kepada depokpos.com, Selasa pagi (2/5).

BACA JUGA:  Diskusi Ringan Kepala Bappeda dan Sekber Wartawan Depok, Dari Sampah Hingga Smart City

Dari pantauan depokpos.com di lokasi pada Selasa pagi tadi (2/5), banyak pengguna kendaraan terutama roda dua dan mobil yang mau arah ke antar sekolah maupun lokasi kerja baik ke Depok maupun Jakarta terhambat, mereka mutar lagi mencari jalan alternatif lewat jalan perumahan Puri Depok Mas (PDM) tembus jalan raya Sawangan, dan juga bisa lewat jalan Kali Licin, Wadas melalui Poin Mas tembus jalan raya Sawangan, atau bisa melalui Gg. Duku yang tembus di samping RS. Bhakti Yudha atau bisa lewat alternatif perkampungan ke arah Cagar Alam tembus ke Depok Sandra atau stasiun Depok Lama.

BACA JUGA:  Anak Muda Berbisnis, Kenapa Nggak? Ini Tips dari Anak Muda Pemilik Koti Coffee

Banyak warga yang ingin berangkat kerja terjebak tak bisa melanjutkan perjalanan, mereka pilih mutar atau berjalan kaki nyebrang jembatan untuk mengganti mobil angkot 07 dekat Pom Bensin yang sudah menunggu di atas untuk meneruskan ke terminal Depok.

“Jembatan H. Tohir ini sudah hampir 20 tahun, mas. Terakhir diperbaiki pada tahun 1997-an,” tukas Ketua LPM Pancoran Mas.

Pagi tadi, Lurah Pancoran Mas, dan Kepala Dinas PU Pemkot Depok pun langsung sidak dan tinjau lokasi dan kondisi jembatan H. Tohir yang amblas. “Ini baru bisa diperbaiki total paling tidak pakai anggaran (APBD) tahun 2018,” tandas Manto, Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kepada Dadi, lurah Pancoran Mas, yang didampingi LPM Pancoran Mas kebetulan depokpos mengikuti perbincangan itu.

BACA JUGA:  Dianggap Tak Kooperatif, Ombudsman Akan Panggil Paksa Wali Kota Depok

“Untuk sementara perbaikan jembatan H. Tohir ini ditambal sulam terlebih dahulu. Paling kita perbaiki pondasinya terlebih dahulu, kita mulai dari bawah dan aliran air harus dialihkan dulu kalau mau diperbaiki,” kilah Manto kepada lurah Pancoran Mas.

Diperkirakan dalam waktu satu bulan perbaikan sementara itu baru bisa rampung. (Galang)

Komentar

komentar