Beranda Dunia Kampus Harapan Dibalik Ujian Masuk Kuliah

Harapan Dibalik Ujian Masuk Kuliah

(Foto Wahid Rizkillah)

DEPOK – Harapan siswa yang baru saja lulus hampir sama semua yaitu, ingin diterima di Universitas ataupun Politeknik yang diinginkan. Politeknik Negeri Jakarta sedang membuka peluang untuk para siswa yang baru saja lulus untuk mengikuti Ujian Masuk Politeknik Negeri atau yang dikenal UMPN.

Politeknik Negeri Jakarta pada hari Sabtu (20/5) mengadakan Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN). Calon mahasiswa yang mengikuti tes ini lebih dari 3000 orang. Dari 3000 orang mereka memilik harapan yang sama yitu, bisa diterima di Politeknik Negeri Jakarta. Pada pagi hari kampus Politeknik Negeri Jakarta sudah dipenuhi oleh para calon mahasiswa yang akan mengikuti tes UMPN. Tidak hanya calon mahasiswa dari Jakarta tetapi dari seluruh pulau Jawa mengikuti tes ini.

BACA JUGA:  Mahasiswa Unindra Optimalkan Menulis untuk Jurnalistik

Muhammad Al Ghifari calon mahasiswa dari SMA Negeri 19 Jakarta yang mengikuti Ujian Masuk Politeknik (UMPN) Politeknik Negeri Jakarta. Ia mengetahui pendaftaran UMPN dari guru bimbingan konseling saat ia di SMA ia mendaftarkan dirinya ke Politeknik Negeri Jakarta karena ia sangat inign mencari politeknik negeri. Dibalik itu orang tuanya sangat mendukung selagi dia bisa untuk melakukannya. “Saya berharap dengan saya mengikuti ini, prospek kerja kedepannya,” ujarnya.

Berbeda Ghifari, menurut Ibu Ati orang tua dari salah satu calon mahasiswa yang mengikuti ujian, menurutnya ia mendukung anaknya dalam mengikuti ujian ini karena ia menginginkan politeknik negeri, selain itu biaya yang ia harapkan masih bisa terjangkau. Untuk mengikuti ujian ini ia mendapatkan saran dari orang lain dan juga kemauan anaknya sendiri. Dengan dukungan moral beliau mendukung anaknya secara penuh. “Saya berharap anak saya bisa diterima di sini agar tidak membuat dia lelah,” harap Ibu Ati.

BACA JUGA:  Mahasiswa Unindra Optimalkan Menulis untuk Jurnalistik

Bagi para pengawas seperti, Adinda dan Sharon seorang mahasiswa Teknik Elektro yang berpartisipasi dalam UMPN kali ini. Mereka menjelaskan bahwa dalam berpartisipasi UMPN tahun ini untuk mendapatkan pengalaman yang baru. Menurut mereka antusias calon mahasiswa yang mengikuti ini sangat banyak. “Kami berharap calon mahasiswa yang baru ini bisa lebih pintar, lebih aktif ,dan lebih kritis terhadap apa yang ada di Politeknik Negeri Jakarta,” ujar dua mahasiswi tersebut.

Selain itu di mata ketua pelaksana UMPN, Bapak Fachrudin Muhtar M.T. menurutnya pendaftar yang mendaftar untuk tahun ini tidak signifikan atau tidak terlihat perubahan yang mencolok. “Saya berharap untuk calon mahasiswa tahun ini untuk lebih displin,” ujar ketua UMPN.

BACA JUGA:  Mahasiswa Unindra Optimalkan Menulis untuk Jurnalistik

UMPN adalah sebuah ajang mencari kesempatan para calon mahasiswa untuk meneruskan pendidikannya dan menggali ilmu terapan yang ada di sekitar kita. Harapan setiap orang yang mengikuti ialah ingin diterima dan mendaptkan hasil yang terbaik. (Wahid Rizkillah)

Komentar

komentar