Ekspansi Keilmuan IsEF SEBI Adakan Kajian Eksyar di Pasar Parung

Ekspansi Keilmuan IsEF SEBI merupakan salah satu Divisi KSEI IsEF SEBI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) yang menggelar kajian ekonomi syariah di Pasar parung, Minggu (1/4/2017). (Foto Reni Marlina)

DEPOK Р Ekspansi Keilmuan IsEF SEBI merupakan salah satu Divisi KSEI IsEF SEBI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) yang menggelar kajian ekonomi syariah di Pasar Parung, Minggu (1/4/2017).

Kurang lebih 20 Pedagang yang ditemui. mulai dari pedagang buah-buahan, ikan, sayuran dll. Tak sedikit dari mereka yang belum mengenal Ekonomi Syariah. Ini kali kedua nya Divisi Ekspansi Keilmuan IsEF SEBI menggelar Ekspansi pasar. Bersamaan dengan alur kaderisasi di KSEI IsEF, kajian pasar ini juha dimanfaatkan bagi mahasiswa magang yang akan masuk ke KSEI IsEF SEBI. Sehingga mereka mengetahui, bagaimana cara ekspansi ke masyarakat baik ke pelajar atau pelaku ekonomi langsung. Memperkenalkan dan memahamkan tentang Ekonomi Syariah. Ke masyarakat lebih luas lagi, khususnya para pelaku pasar.

BACA JUGA:  Atlet Taekwondo Depok Raih Tujuh Medali di Ajang Internasional

“Iya dek, saya tahu kok ekonomi syariah. Cuman sebelumnya juga di pasar sini ada tuh kantor atau lembaga pembiayaan gitu. Cuman mereka mah pada nipu. Uang kita dibawa kabur. Gara gara transaksinya gak jelas,” ujar Bu Neti penjual sayuran.

Dengan berbagai kejadian yang terjadi yang banyak merugikan masyarakat sehingga banyak yang terjerumus kedalam suatu lembaga abal abal yang berkedok koperasi.

“Tapi kalau saya pribadi mah, belum tahu ekonomi syariah neng. Kadang kita mudah terpedaya buat minjem modal ke bank dengan bunga bunga gitu,” jelas Pak Iman penjual asongan.

BACA JUGA:  Nasib Guru Honorer Ditengah Minusnya Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Hampir beberapa pedagang yang kami temui, mereka belum tahu akan Ekonomi Syariah. Namun, sebagian dari mereka juga sudah tahu akan ekonomi syariah. Namun, pengimplementasiaannya yang belum mereka pahami.

Ini merupakan PR bagi saya pribadi dan kita semua sebagai penggerak ekonomi syariah, untuk lebih lagi mengedukasi terkait ekonomi syariah secara komprehensif. Semoga dengan adanya kajian pasar ini, bisa dijadikan sebagai salah satu wawasan bagi masyarakat. Khususnya di Pasar. (Reni Marlina)

Comments

comments