Beranda Seputar Depok Bazar Ramadhan di Perumahan Griya Pancoran Mas, Rangkapan Jaya Baru

Bazar Ramadhan di Perumahan Griya Pancoran Mas, Rangkapan Jaya Baru

Pancoran Mas, Depokpos (17/5) – Menjelang bulan Ramadhan 1438 H besok, Koperasi Pancuran Emas Mandiri (KPEM) yang baru berdiri sejak Januari 2017 kemarin akan menggelar Bazar Ramadhan yang diselenggarakan pada Sabtu –Minggu 20-21 Mei 2017 di Lapangan Depan Masjid Al Kautsar, Perumahan Griya Pancoran Mas Indah, Rangkapan Jaya Baru mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Di bazar itu boleh dibilang, bisa belanja lebih irit untuk bahan kebutuhan pokok untuk persiapan bulan puasa mendatang karena harganya cukup terjangkau dan beda dari pasar-pasar, misalnya Minyak Goreng 1 liter dibandrol Rp 12.500, Daging beku Rp 85.000/kg, Gula, beras, beras organik, bawang merah, bawang putih, nugget, sosis, baso seafood, ayam potong. Dan lain sebagainya.

Bazar yang diadakan dua hari ini akan dibuka langsung Lurah Rangkapan Jaya Baru, anggota dewan DPRD Kota Depok, tokoh masyarakat, warga sekitar juga diselingi lomba mewarnai bagi anak-anak usia TK.

Diharapkan partisipan bazar mencapai 50 stand. “Saat ini yang sudah menyatakan positif mengisi booth/stand sudah ada 20 exibithor yang akan menjajakan dagangannya seperti kuliner, fashion, bahan kebutuhan pokok,” tukas H. Nasrul, selaku Ketua Koperasi Pancuran Emas Mandiri (KPEM) kepada Depokpos.com.

BACA JUGA:  KSEI IsEF SEBI Gelar Seminar EkonomI Lintas Negara

“Kegiatan ini sekaligus ajang memperkenalkan Koperasi Pancuran Emas Mandiri (KPEM) yang baru didirikan di komplek Griya Pancoran Mas Indah, Rangkapan Jaya baru ini,” imbuh H. Nasrul.

Sekilas KPEM

Sejatinya koperasi adalah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Hal ini terjalin di tengah masyarakat di Perumahan Griya Pancoran Mas, Rangkapan Jaya Baru yang berawal dari Toko Bunda, milik salah satu warga di perumahan itu yang bermitra dengan Toko Tani Indonesia (TTI) sebagai pemasok bahan kebutuhan pokok dengan harga eceran tertinggi (HET) dari pemerintah.

“Saya tertarik dengan TTI, Toko Bunda yang tadinya hanya berjualan kebutuhan alat tulis sekolah dan mainan anak-anak seputar komplek, saya harus kembangkan toko ini, dan dari hasil obrolan dengan pak Gunawan, tetangga yang pensiunan Kementan, saya coba ingin mengembangkan, eeh dikasih jalur untuk mengembangkan Toko saya bermitra dengan TTI itu dan diminta sekaligus mendirikan Koperasi,” tukas Ismul Komar pemilik Toko Bunda kepada depokpos.com, Selasa (16/5).

BACA JUGA:  Dukung Program Kota Layak Anak, Wali Kota Instruksikan ASN Sumbang Buku

Dengan perlahan dan penuh keyakinan, akhirnya Koperasi yang menjadi payung hukum ini merambah untuk mencari anggota dan membentuk pengurus dan nama koperasi. Tepat 21 Januari 2017 Koperasi dengan nama Koperasi Pancuran Emas Mandiri (KPEM) berdiri dengan berawal dari komunitas RT di lingkungan Ismul, tak lama melebar ke lingkup RW atau perumahan. Dan bahkan saat ini juga sudah ada dari luar komplek.

“Alhamdulillah mas, sampai saat ini anggota yang sudah terdaftar sudah mencapai 33 anggota, harapan saya tahun 2017 ini bisa mencapai 100 anggota. Yang sudah mendaftarkan diri secara lisan sih sudah banyak ingin daftar, tinggal akadnya saja. Tiap minggu kami selalu buka warung pakai Mobil Toko di lapangan depan Masjid komplek,” tandas Ismul yang juga Ketua RT di lingkungan Perumahan Griya Pancoran Mas.

Lantaran koperasi masih dibutuhkan di tengah masyarakat, Ismul dan pengurus lainnya terus mencari anggota dan angin segar pun datang dari Ketua RW Perumahan Griya Pancoran Mas yang langsung memberikan dukungan penuh berdirinya KPEM ini di lingkungannya.

BACA JUGA:  FRAMES Isi Kegiatan LDKS di SMPIT Arafah

“Saya bangga dan setuju berdirinya Koperasi Pancuran Emas Mandiri di lingkungan komplek ini. Selain bermanfaat bagi warga sekitar, KPEM ini juga bisa menyalurkan bahan kebutuhan pokok dengan harga eceran tertinggi dari pemerintah. Kan harganya terjangkau bagi masyarakat apalagi mau masuk bulan Ramadhan ini,” kilah Dwi Topan, Ketua RW 014 Perumahaan Griya Pancoran Mas Indah, Rangkapan Jaya Baru.

Filosofi nama Pancuran Emas Mandiri, kata Ismul, rejeki bagaikan air emas yang mengalir terus menerus dari pancuran untuk mencapai kemandirian. Karena itu harapannya warga perumahan Griya Pancoran Mas tak perlu jauh-jauh belanja kebutuhan pokoknya, karena sudah dipenuhi oleh KPEM yang setiap Sabtu – Minggu buka pasar di Mobil toko di lapangan depan Masjid Al Kautsar.

“Kami siap layani anggota dan warga yang belanja. Kami antar belanjaannya sampai rumah,” tandas Ismul Komar, pria gempal ini antusias. (Galang)

Komentar

komentar