Beranda Bisnis & Ekonomi Bantu UMKM, Bank BJB Adakan Gerebek Pasar di Pasar Agung

Bantu UMKM, Bank BJB Adakan Gerebek Pasar di Pasar Agung

Walikota Depok bersama Pimpinan Divisi Mikro Bank BJB, Arief Setihadi saat memberikan secara simbolis kredit untuk UMKM. (San/DepokPos)

DEPOK – Bank BJB Cabang Depok menggelar kegiatan Gerebek Pasar guna membantu kredit bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Depok. Kegiatan Gerebek Pasar ini diadakan di Pasar Agung, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kamis, (4/5/2017).

Pimpinan Divisi Mikro Bank BJB, Arief Setihadi menuturkan, kegiatan Gerebek Pasar ini adalah sebagai bentuk dari komitmen Bank BJB untuk mendukung pelaku UMKM di Kota Depok. Selain diisi dengan pemberian layanan Perbankan mengenai produk Bank BJB juga diadakan pengobatan gratis untuk pedagang dan pengunjung Pasar Agung.

“Acara ini sebagai rangkaian dari HUT Kota Depok yang ke-18, Alhamdulillah Bank BJB yang sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Kota, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi kita sangat berkomitmen sekali untuk memajukan pedagang UMKM yang berada diwilayah Jawa Barat-Banten maupun yang berada diseluruh wilayah Indonesia,” ujar Arief.

BACA JUGA:  Pemkot Depok Gandeng 20 Mitra Usaha Fasilitasi Kartu Identitas Anak

Kegiatan ini sendiri menurut Arief, sebagai rangkaian acara yang dilakukan Bank BJB di lima pasar yang berada di Depok yakni Pasar Cisalak, Pasar Tugu Pasar, Pasar Sukatani, Pasar Agung dan Pasar Kemiri.

“Kenapa ada di lima pasar, kembali lagi bahwa kita sebagai Bank yang berada diwilayah ini harus bisa mendekatkan diri kepada dan menjadi bagian dari UMKM. Kita sangat berkomitmen sekali dengan membentuk direktorat khusus yakni Direktorat Mikro, yang khusus untuk memajukan kredit-kredit UMKM baik secara langsung maupun secara tidak langsung yaiyu lewat BPR,” jelasnya.

BACA JUGA:  KULDESAK Bersama PKNI Gelar Pemeriksaan dan Pengobatan Hepatitis C di Rutan Cilodong

Melalui kegiatan ini, Arief juga mengatakan bahwa selain memberikan fasilitas kredit, Bank BJB juga memberikan yang namanya program kredit cinta rakyat.

“Ini adalah suatu kredit yang luar biasa sekali yang ditujukan kepada pedagang, bunganya sangat murah sekali, dibawah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dan ini sebetulnya dilakukan sudah lama, bungaya hanya 8,3 persen setahun, dibawah bunga KUR yang 9 persen,” tambah Arief.

Program ini kata Arief adalah sebagai bentuk Pemerintah Provinsi dan Bank BJB untuk bagaimana meningkatkan kapasitas dari para UMKM ini dengan beban yang tidak memberatkan.

BACA JUGA:  Dukung Program Kota Layak Anak, Wali Kota Instruksikan ASN Sumbang Buku

“Dan tak lupa kita juga ada salah satu pemberdayaan ekonomi masyarakat terpadu yaitu PESAT, itu salah satu bagian dari tim kita yang memberikan edukasi keuangan dan kemajuan daripada wirausaha,” pungkasnya.

Sementara Walikota Depok, Mohammad Idris memberikan apresiasi terhadap kegiatan Gerebek Pasar yang dilakukan Bank BJB Cabang Depok tersebut.

“Saya rasa ini memang harus sering-sering dilakukan, tidak hanya oleh BJB tapi juga kita minta kepada seluruh pelaku-pelaku usaha, perbankan khususnya yang memang kita sudah bekerja sama lama,” ujar Idris dalam sambutannya. (San/DepokPos)

Komentar

komentar