4 Hal yang Harus Disiapkan Untuk Menyambut Ramadhan

Ilustrasi.

Setiap muslim pasti merindukan kedatangan bulan yang mulia ini bulan ramadhan bulan penuh dengan keberkahan dan kenikmatan. Bahkan mereka menyambutnya sejak bulan rajab dengan memhohon kepada Alloh agar melimpahkan keberkahan dibulan Ramadhan dan agar dipanjangkan umurnya hingga sampai pada bulan Ramdhan “Allohumma bariklana fi rojaba wasya’bana waballigna romadhona”. Aamiin. Hanya tinggal menghitung hari kita akan bertemu dengan bulan Ramadhan lalu apakah yang harus kita siapkan untuk menyambut bulan ramadhan ini? Bagaimanakah Rasul menyiapkan diri menyambut bulan Ramadhan ini ?

Setidaknya, ada 4 hal yang harus disiapkan oleh setiap pribadi muslim yaitu aspek Ruhiyah, jasadiyah,Maliyah, dan fikriyah/ilmiyah. Aspek ruhiyyah adalah aspek spiritual, bagaimana setiap muslim dari sekarang menyiapkan diri memperbaiki hubungan ibadah kepada Alloh, dilatih mulai dari memperbaiki sholat 5 waktu, dari yang mulanya bolong-bolong mulai dilengkapi atau yang akhir-akhir ini sering mengakhirkan sholatnya mulai menargetkan untuk sholat berjama’ah awal waktu dimesjid, saling mengikhlaskan dan saling memaafkan baik antar keluarga, atau tetangga rekan kerja dan orang-orang sekitar kita sehingga kita tenang menjalankan Ibadah dibulan Ramadhan nanti.

BACA JUGA:  Tanggung Jawab Wanita Sebelum Menikah

Persiapan yang kedua adalah aspek jasadiyah atau fisik, bagaimana bisa berpuasa atau beribadah lain seperti shalat tarawih dengan maksimal kalau fisik kita mudah terserang penyakit,? Maka harus disiapkan dari sekarang berlatih berpuasa sunnah menjaga pola makan dan merutinkan olahraga supaya tubuh kita benar-benar siap menjalankan ibadah-ibadah di bulan Ramadhan dengan nikmat dan maksimal.

Selain dua aspek diatas, ada aspek yang tidak kalah penting untuk di persiapkan dari sekarang yaitu aspek maaliyah atau harta, karena sebuah kaidah ushul fiqh menyatakan bahwa “apa-apa yang dengannya menyempurnakan hal yang wajib maka hal itu menjadi wajib”. Nah di bulan Ramadhan ini harta mempunyai peran penting untuk melengkapi ibadah-ibadah baik ibadah yang hubungannya langsung dengan Alloh (mahdhah) atau ibadah yang tidak langsung kepada Alloh (ghair mahdhah). Persiapkan harta untuk membayar zakat fitrah ataupun infak sedekah bagi saudara-saudara disekitar kita menjadi wajib di persiapkan.

BACA JUGA:  Tanggung Jawab Wanita Sebelum Menikah

Persiapan yang ke empat adalah persiapan fikriyyah atau ilmiyah, pelajari fiqh shiam atau segala ilmu yang berkaitan dengan ibadah-ibadah dibulan Ramadhan. Ini menjadi penting karena beribadah tanpa ilmu itu bagaikan pohon dengan buah, pohon itu ilmunya sedangkan amal adalah buah dari ilmu itu sendiri. Semoga kita semua disampaikan ke bulan Ramadhan yang penuh dengan rahmat dan berkah ini aamiin, salam dakwah salam ukhuwah. (Muhamad Iqbal N)

Komentar

komentar