Tingkatkan Semangat Berzakat, Baznas Depok Gandeng MUI

DEPOK – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok semakin gencar dalam meningkatkan semangat berzakat di masyarakat. Hal tersebut ditunjukkan dengan menggandeng Majelis Ulama Indonesia, guna menyosialisasikan zakat di Kota Depok.

Ketua Baznas Kota Depok, Encep Hidayat mengatakan, dalam kerjasama tersebut, pihaknya ingin kehadiran MUI melalui kegiatan Pendidikan Kader Ulama (PKU) dapat menguatkan semangat di warga Depok dalam makna dan manfaat berzakat.

“Biasanya masyarakat tahu tentang berzakat lewat para ulama. Karena itu, kami ingin imbauan berzakat dapat diberikan dari ulama kepada masyarakat. Agar menyisihkan rezeki untuk zakat,” katanya seperti dilansir situs resmi Pemkot depok.go.id, Rabu (26/04/2017).

Menurutnya, saat ini masih banyak warga Depok yang belum mengerti mengenai zakat mal yang harus dikeluarkan setiap bulan. Untuk itu, tugas dari Baznas dengan bantuan MUI untuk menyosialisasikan hal tersebut.

“Alhamdulillah, untuk kalangan ASN di Pemerintah Kota Depok sudah mengalami peningkatan dalam berzakat. Meski begitu, saat ini yang masih menjadi tugas adalah menyosialisasikan manfaat dari zakat mal bagi seluruh masyarakat di Kota Depok,” jelasnya.

Encep menuturkan, ada banyak manfaat dari zakat mal, baik untuk orang yang melakukan zakat maupun yang menerimanya. Salah satunya adalah zakat memiliki peran dan andil dalam memecahkan masalah kemiskinan dan pemerataan ekonomi.

“Adanya semangat zakat menjadi pendorong bagi muslim untuk membantu kepada sesama. Zakat dapat diartikan tumbuh dan bertambah atau bisa juga bersih, suci, dan berkembang maju,” tuturnya

Encep menambahkan, dengan adanya kerjasama dengan MUI. Diharapkan tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar zakat tidak hanya berakhir di zakat fitrah saja.

“Nantinya, dengan bantuan dari MUI melalui para ulamanya dapat lebih menyadarkan warga Depok dalam menjalankan zakat mal untuk membantu kepada sesama,” pungkasnya. []

Komentar

komentar