Setelah Taman Pijar, Warga Pondok Cibubur Akan Bangun Taman Edukasi Lembah Obat

Taman Pijar merupakan taman yang dibangun dari swadaya masyarakat dan bantuan dari Pemkot Depok. (San)

DEPOK – Kota Depok saat ini tercatat memiliki 101 taman yang tersebar mulai dari tingkat RT, RW, kecamatan dan kota yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Salah satunya adalah Taman Pijar yang berlokasi di Pondok Cibubur RW 08, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis Depok.

Taman sebagai salah satu ruang terbuka hijau memiliki andil besar dalam pemanfaatan ruang yang memberikan dampak terhadap lingkungan sekitar. Dari sisi fungsi ekologi adalah bagaimana menjadikan taman menjadi teman kita semua, lingkungan yang sangat sehat dan bersih untuk masyarakat disekitar taman tersebut.

Hal itulah yang menjadi landasan pengurus RW 08 Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok dalam mengelola Taman Pijar yang berada diwilayahnya.

Taman yang dibangun atas partisipasi warga RW 08 dan bantuan dari Pemkot Depok ini sangat tepat untuk mendukung program Depok sebagai Kota layak anak yang dicanangkan Pemkot Depok.

Kepada DepokPos, Ketua RW 08 Kelurahan Cisalak Pasar, Suko Purwosunu Nugroho mengatakan bahwa Taman Pijar dengan luas sekitar 600 meter persegi ini dengan pemanfaatan sebagai ruang terbuka hijau sudah dilengkapi dengan taman main edukasi untuk anak serta ditata sedemikian rupa hingga bisa menjadi tempat yang nyaman untuk keluarga yang hendak menghabiskan waktunya di taman ini.

BACA JUGA:  Peduli Budaya Literasi Anak, Tugu Mandiri Donasikan CSR ke Taman Bacaan

Suko menjelaskan bahwa pembangunan taman ini merupakan hasil dari urunan warga dan bantuan APBD.

“Jadi taman ini investasi tanamannya sebagian dari Pemerintah Kota, kemudian kita sempurnakan. Jadi kalau kita hitung, investasi Pemkot dengan investasi warga itu lebih besar investasi warganya, tetapi memang taman ini merupakan jantungnya Pondok Cibubur jadi saya bersama warga berjuang mati-matian mewujudkan ini. Dan saya berterima kasih ada dana simulasi dari Pemerintah Kota,” jelas Suko.

Ketua RW 08 Kelurahan Cisalak Pasar, Suko Purwosunu Nugroho bersama petugas kebersihan Taman Pijar. (San)

Lebih lanjut Suko mengatakan bahwa bantuan dana simulasi yang diterimanya sekitar Rp 150 jutaan dan kemudian dikembangkan dengan urunan warga hingga akhirnya terealisasikan pembangunan Taman Pijar ini.

BACA JUGA:  Walikota Depok: "Smart People Elemen Terpenting Smart City"

“150 juta itu untuk taman seluas 600 meter ini kan nggak jadi apa-apa, akhirnya kita sedikit-sedikit termasuk almarhumah istri saya mengkoordinir ibu-ibu untuk menyumbang tanaman dan akhirnya terwujudlah taman seperti ini,” tambahnya.

Salah satu kelebihan taman ini adalah pada sistem penerangan yang ramah lingkungan yang hemat energi dan bisa dibilang menjadi taman pertama di Kota Depok yang menerapkan sistem ini.

“Lampu-lampu disini adalah lampu dengan teknologi CDM-T yakni Ceramic Metal High Light yang sangat hemat energi dan lebih hangat dimalam hari,” jelas Suko. “Jauh diatas lampu merkuri yang harusnya teknologi merkuri sudah harus ditinggal sebetulnya karena sangat boros energi. Jadi sekarang sudah beralih ke teknologi CDM-T dan LED yang lebih hemat energi dan sangat ramah lingkungan.”

Taman Pijar ini juga dilengkapi dengan jalur terapi yang didesain mengelilingi taman, sehingga memungkinkan untuk warga yang berusia lanjut melakukan terapi di Taman Pijar ini. Selain untuk yang berusia lanjut, terapi jenis ini disebutkan sebagai salah satu bentuk akupuntur refleksi pada kaki. Selain mengurangi reumatik, berjalan diatas kerikil seperti yang ada di taman ini, juga mampu meningkatkan sirkulasi darah, metabolisme, keseimbangan hormon, membuang toksin dari tubuh, menghilangkan kelelahan dan lain-lain.

BACA JUGA:  Modus Cari Alamat Tiga Lelaki Tak Dikenal Hipnotis Seorang Ibu di Depok, 20 Juta Raib

Selain Taman Pijar ini, Suko mengatakan bahwa dirinya bersama warga juga sedang mempersiapkan taman edukasi yang juga berada di wilayah RW 08 Kelurahan Cisalak Pasar ini.

“Taman yang selanjutnya itu saya ingin ada konten pembelajaran untuk anak-anak. Jadi temanya Taman Bermain dan Lemah Obat, jadi kalau di Taman Pijar ini ditanam bunga, untuk taman yang sedang dipersiapkan nantinya akan ditanamrempah dan tanam obat-obatan jadi sebagai edukasi untuk anak-anak juga,” jelasnya. “Untuk pembangunannya sendiri akan dimulai tahun ini dan sudah dipersiapkan lahan seluas 480 meter persegi.” (San)

Komentar

komentar