Peran Swasta Dibutuhkan Untuk Bantu Maksimalkan Fungsi LKSA

Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kota Depok Dadang Supriatna. (San)

DEPOK – Sebaik-baiknya pengasuhan anak, paling baik berada di keluarga. Panti merupakan pilihan terakhir untuk pengasuhan dan pengembangan anak ketika keluarga tak mampu lagi karena kondisi tertentu. Di Kota Depok sendiri saat ini terdapat 36 panti asuhan atau Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) resmi dan aktif yang terdata Dinas Sosial Kota Depok.

Demikian dikatakan Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kota Depok Dadang Supriatna kepada DepokPos saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (18/4/2017).

“Panti-panti atau LKSA yang ada di Depok ini rata-rata milik masyarakat atau swasta, untuk anggarannya seperti biaya makan anak dan biaya penunjang pendidikan mereka dapat dari kementrian pemerintah pusat, namun kedepan semoga pemerintah daerah juga bisa memberikan bantuan,” jelas Dadang.

BACA JUGA:  Zizara Gagas Ajang Cari Bakat "Face Of Muslimah"

Lebih lanjut Dadang mengatakan bahwa untuk sementara pemerintah daerah baru bisa memberikan bantuan sarana penunjang pendidikan berupa buku dan lainnya.

“Kami di dinas sosial memang punya keinginan dan kewajiban untuk bisa berbuat lebih, makanya kami mewacanakan dibentuknya lembaga CSR yang fungsinya menjembatani perusahaan-perusahaan swasta yang ingin menyalurkan dana CSR mereka untuk kegiatan sosial, sehingga nantinya lebih mudah mengatasi permasalahan-permasalahan sosial di Kota Depok ini. Saat ini kita sedang mempelajari mekanismenya, karena di pemerintah pusat sendiri sudah ada lembaga seperti ini,” papar Dadang.

BACA JUGA:  IITCF Imbau Masyarakat Hati-hati Alokasikan Dana ke Travel

Dadang juga mengatakan bahwa di Depok ini sudah ada Forum LKSA yang beranggotakan lembaga-lembaga kesejahteraan sosial anak semua.

“Melalui forum inilah kita bekerja sama untuk memberikan pelatihan peningkatan pemberdayaan LKSA panti dan non panti yang tergabung dalam Forum LKSA kota Depok agar anak-anak yang ada di LKSA ini semakin terbekali keterampilan,” ujarnya.

Dadang juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan mendata ulang keberadaan LKSA di Kota Depok

“Forum LKSA ini nantinya diharapkkan bisa membantu untuk melakukan verifikasi, sehingga kita bisa mendapatkan data yang benar-benar akurat tentang keaktifan panti-panti LKSA ini” terangnya. (San)

BACA JUGA:  IITCF Imbau Masyarakat Hati-hati Alokasikan Dana ke Travel

Comments

comments