Ini 4 Aplikasi Digital yang Dipamerkan di Depok Police Expo 2017

DEPOK – Polresta Depok untuk kedua kalinya kembali menggelar pameran bertajuk Depok Police Expo 2017.  Pada perhelatan ini selain dipamerkannya peralatan dan teknologi kepolisian, juga menjadi peluncuran empat layanan digital berbasis aplikasi dan web.

Kapolresta Depok Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Herry Heryawan di sela-sela acara Depok Police Expo 2017, Depok, Jawa Barat, Senin (24/4/2017) mengatakan bahwa hal tersebut selaras dengan sistem kepolisian modern di semua negara maju, di mana sistem pengelolaan keamanannya menitikberatkan kepada bidang pencegahan dan pelayanan yang efisien.

“Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menegaskan agar pelayanan berbasis teknologi harus terus diterapkan dan dikembangkan sebagaimana visi Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan slogan Polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter),” kata Kombes Pol Herry.

BACA JUGA:  9th Jakcloth Class o 2018 Dibuka oleh Wagub Sandiaga Uno

Atas dasar tersebutlah Polresta Depok meluncurkan empat aplikasi berbasis teknologi informasi guna mendekatkan institusi kepolisian dengan masyarakat Depok. Aplikasi tersebut meliputi Halo Polisi, Panic Button, SKCK Online, dan Sistem Informasi Penyidikan (SIP).

“Masing-masing aplikasi tersebut memiliki manfaat sesuai kebutuhan masyarakat urban saat ini dan sudah bisa di unduh di Play Store dan AppStore,” jelasnya mantan Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya ini.

Aplikasi Halo Polisi merupakan layanan digital berbasis aplikasi dan web sebagai wadah interaksi antara masyarakat dengan polisi untuk melaporkan suatu peristiwa, sehingga bisa diketahui dan ditindaklanjuti secara cepat oleh Polresta Depok maupun Polsek jajarannya.

BACA JUGA:  MPPA & Dompet Dhuafa Kembali Menggelar Program Infaq via Kasir Untuk Ramadhan 2018

Sementara untuk Panic Button, jelas Henry,  merupakan layanan berbentuk aplikasi agar masyarakat yang mengalami suatu peristiwa dapat secara cepat dan tepat ditangani oleh Polresta Depok dan Polsek jajarannya.

Inovasi lain yang dilakukan Polresta Depok, adalah pelayanan penerbitan SKCK Online. Dengan SKCK Online ini, Polresta Depok ingin memberikan kemudahan pada warga yang mengurus penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang biasanya digunakan sebagai salah satu persyaratan melamar pekerjaan dan pembuatan dokumen lain.

Terakhir adalah Sistem Informasi Penyidikan (SIP) yang merupakan layanan berbentuk aplikasi dan web untuk memudahkan pelapor, penyidik dan atasan penyidik untuk memonitor perkembangan proses penyidikan suatu kasus yang dilaporkan dan ditangani, sehingga penyidikan berjalan sesuai aturan atau mekanisme yang berlaku dan meminimalisir komplain dari masyarakat. []

BACA JUGA:  Usung #BacaBukanMaen, TBM Lentera Pustaka Akrabkan Anak dengan Buku

Comments

comments