Hero Group Ajak Masyarakat Peduli Sungai Ciliwung Melalui Program Ciliwung Hero

PT Hero Supermarket Tbk secara resmi memperkenalkan program “Ciliwung Hero” di dermaga Kota Kembang, Grand Depok City, Depok, Rabu 12 April 2017. (San)

DEPOK – Sungai Ciliwung merupakan salah satu sungai yang memegang peranan penting bagi kehidupan masyarakat khususnya di pulau Jawa. Dengan aliran sepanjang 120 kilometer dari Gunung Gede, Ciliwung melintasi wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok hingga akhirnya Jakarta. Ciliwung juga telah menjadi saksi perkembangan kota-kota tersebut. Namun seiring dengan perkembangan kehidupan masyarakat, banyak kebiasaan dan perilaku masyarakat yang justru merusak ekosistem Ciliwung karena pemanfaatan secara terus menerus tanpa diimbangi dengan pemugarandan pemberdayaan lingkungan yang baik.

Melihat fakta tersebut, PT Hero Supermarket Tbk berkomitmen untuk turut menyelamatkan ciliwung melalui program pemberdayaan ekosistem dan masyarakat sekitar, serta pemberian edukasi dan pelestarian lingkungan yang secara resmi diperkenalkan hari ini, Rabu 12 April 2017, dengan nama program “Ciliwung Hero” di dermaga Kota Kembang, Grand Depok City, Depok.

BACA JUGA:  Dianggap Tak Kooperatif, Ombudsman Akan Panggil Paksa Wali Kota Depok

Dalam pelaksanaannya, HERO Group menggandeng Komunitas Ciliwung Depok yang merupakan kumpulan relawan pegiat dan pecinta sungai yang berdiri dengan semangat untuk menjaga dan merawat Sungai Ciliwung bagian tengah yang mengaliri Kota Depok.

Pada acara tersebut, Stephane Deutsch, Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk beserta beberapa perwakilan direksi dan Komunitas Ciliwung Depok menyusuri sungai Ciliwung untuk membersihkan sampah-sampah di aliran sungai Ciliwung.

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk Stephane Deutsch bersama Ketua Komunitas Ciliwung Depok Taufiq DS. (San)

Tidak hanya itu saja, HERO Group juga melakukan penyebaran 5000 ikan diantaranya jenis ikan mata merah, ikan nilem, ikan paray dan ikan soro yang merupakan ikan asli Ciliwung dan termasuk jenis ikan langka. Penyebaran ini bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan ekosistem sungai Ciliwung.

BACA JUGA:  Kawal Pembangunan, Sekber Wartawan Depok Intens Diskusi dan Tukar Pendapat dengan OPD

“Program Ciliwung Hero merupakan bagian dari Hero Green Action yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar dan pelestarian lingkungan sungai Ciliwung yang dikemas dalam serangkaian aktivitas menarik, diantaranya adalah RT Ramah Air, Kelas Alam, Pelatihan Ciliwung, serta beberapa kegiatan lainnya,” ujar Stephane Deutsch.

Kelas Alam yang merupakan bagian dari program Ciliwung Hero turut melibatkan pemuda dan anak-anak yang tinggal disekitar sungai Ciliwung. (San)

Sebagai tahap awal implementasi program Ciliwung Hero, PT Hero Supermarket Tbk telah berpartisipasi dalam aksi pembersihan sampah (Bebenah Jeram Kebo Gerang) yang diadakan pada 26 Februari 2017 lalu dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, dan juga mendukung terlaksananya Festival Mural Ciliwung yang akan diadakan oleh Komunitas Ciliwung Depok.

BACA JUGA:  Pebalap Depok Dimas Ekky Pratama Debut di Moto2 Malaysia

“Semoga seluruh rangkaian kegiatan Ciliwung Hero dapat meningkatkan kesadaran kita bersama akan pentingnya menjaga kelestarian dan berperilaku penuh tanggung jawab terhadap ekosistem air, karena air merupakan salah satu kebutuhan hidup kita sehari hari. Kami juga berharap hal baik ini tidak hanya dirasakan dan diikuti oleh warga sekitar kota Depok saja, tetapi juga masyarakat yang berada disekitar aliran sungai Ciliwung lainnya,” sambung Stephane Deutsch. []

Komentar

komentar