Cinta Adalah Jalan Menuju Syurga

Ilustrasi. (Istimewa)

Setiap insan dikaruniai rasa cinta dalam hatinya, begitu banyak orang mendefinisikan cinta sesuai dengan yang mereka rasakan. Cinta adalah racun, bagi orang yang sakit karenanya, cinta adalah madu bagi yang terlena dengan indahnya cinta dan masih banyak lagi pengaertian cinta. Namun, secara garis besar cinta adalah energy dalam tubuh manusia yang dapat memotivasi jiwa untuk bergerak mendekati mencari cara untuk mendapatkan yang ia cintai.

Islam agama kasih sayang yang sempurna mengatur setiap hal dalam kehidupan manusia termasuk dalam urusan perasaan yang disebut dengan cinta. Makna cinta dalam islam sangat luas bukan hanya hubungan cinta antara dua insane. Namun, cinta itu mencakup dalam setiap aspek kehidupan seperti yang disebutkan dalam Al-qur’an Q.S:03:14 yang artinya “Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak, dan sawah ladang, dan itulah kesenangan hidup didunia, dan disisi Alloh-lah tempat kembali yang baik. ”(Q.S. Ali Imran : 14)

Bagaimanakah kita mengelola cinta agar bisa menjadi kendaraan menuju Syurganya Alloh ? Cinta adalah anugrah yang harus disyukuri dengan cara menggunakannya. Dalam fitrahnya jangan sampai cinta itu ditunggangi oleh syahwat yang tak akan pernah ada batasnya. Cintailah Alloh melebihi cinta kepada isterimu melebihi cinta kepada anakmu, hartamu, bahkan cintailah Alloh melebihi cinta pada dirimu sendiri. Lalu bagaimana carakita mencintai Alloh ? yaitu denagn mengikuti dan meneladani Rasulullah SAW sebagaimana Alloh berfirman dalam Q.S. 03:31 yang artinya “katakanlah (Muhammad), jika kalian mencintai Alloh ikutilah aku, niscaya Alloh mencintaimu dan mengampuni dosa-dosa mu, Alloh maha pengampun maha ppenyayang”(Q.S. ali Imran : 31)

Rasulullah adalah sosok contoh terbaik untuk diikuti dengan mengikutinya kita akan menjadi orang yang sukses juga mendapatkan kecintaan Alloh SWT. Dengan begitu jalan menuju syurga terbuka luas karena Alloh memberikan syurga kepada hamba-hamba-Nya yang Alloh ridhoi yang Alloh Cintai. Sebagai mana Rasulullah SAW bersabda“ Dari abu hurairah RA bahwa RAsulullah SAW bersabda : Apabila alloh mencintai seorang hamba, maka Alloh memanggil jibril : sesungguhnya Aku mencintai Fulan maka cintailah ia.Lalu jibril memanggil penghuni langit : sesungguhny Alloh mencintai fulan maka cintailah ia maka penghuni langit mencintainya kemudian dibumi ia menjadi orang yang diterima.”(H.R Bukhary)

Mari kita tingkatkan lagi keimanan dan ketaqwaan kita kepada Alloh SWT dengan memperbanyak amal shaleh dan menjauhi apa apa yang Alloh larang.

Ditulis oleh : Muhammad Iqbal Nurdin
Editor : Reni Marlina (Media Tabloid Intan’s Writer)

Komentar

komentar