10 Ribu Blangko e-KTP Sudah Didistribusikan ke 63 Kelurahan di Depok

Ilustrasi. (Istimewa)

DEPOK – Demi mempercepat proses percetakan e-KTP yang terhambat percetakannya sejak November tahun lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok sudah mendapatkan jatah blangko e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia sebanyak 10 ribu lembar.

Jumlah tersebut diharapkan masih akan bertambah lagi dalam waktu dekat, mengingat kebutuhan blangko e-KTP di Depok mencapai 51 ribu lembar.

Sekretaris Disdukcapil Kota Depok, Eri Sumantri mengatakan, dari Pemkot Depok mendapat bagian sebanyak 10 ribu blangko e-KTP yang distribusinya melalui Provinsi Jawa Barat. Jumlah ini akan ditambah lagi dalam beberapa tahap, jika blangko yang ada sudah habis dicetak.

BACA JUGA:  Laporan Pansus 5 Soal Raperda Kota Depok tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD

“Di Kota Depok sebenarnya e-KTP dengan status Print Ready Record (PRR) sampai 51 ribu, tetapi kami diberi blangko oleh Kemendagri sebanyak 20 persen saja dari kebutuhan kami,” ungkap Eri, seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok, depok.go.id, Kamis (13/04/2017).

Eri menambahkan bahwa hingga saat ini blangko yang ada sudah didistribusikan ke 63 kelurahan se-Kota Depok untuk dilakukan pencetakan. Dengan prioritas pencetakan sesuai urutan surat keterangan (suket) yang telah dikeluarkan oleh kelurahan.

“Kalau kebijakan dari kami berdasarkan urutan saja, tetapi teknis pencetakan lebih lanjut diserahkan kepada masing-masing kelurahan,” tambahnya.

BACA JUGA:  Wanita Era 45 Hingga Milenia

Sambil menunggu blangko E-KTP, kelurahan dipersilakan untuk terus melakukan proses perekaman e-KTP. Sedangkan bagi warga Depok yang belum memiliki e-KTP, suket yang sudah dikeluarkan kelurahan tetap dinyatakan berlaku sebagai pengganti e-KTP utuk mengurus berbagai keperluan.

“Kami mohon kesabaran dari warga Depok, insya Allah blangko akan bertahap dipenuhi. Kami terus berupaya menambah jatah dari Provinsi Jawa Barat,” tandasnya.

Komentar

komentar