[Rangkaian Kegiatan Training Organzation 2017 STEI SEBI] Manajemen Konflik

Depok – Sekitar 200 orang peserta Training Organization 2017 dan beberapa panitia lainnya. Dalam kesempatan ini panitia TO 2017 menghadiran Andriansyah pratomo saputra yang merupakan alumni STEI SEBI sekaligus mantan Presiden BEM KBM STEI SEBI. Beliau menyampaikan materi “Manajemen Konflik” dalam acara Training Organization 2017 ini.

Beliau yang sudah mempunyai pengalaman yang luar biasa dalam berorganisasi. Meskipun pada sebelumnya beliau bukan lulusan dari sekolah islam ataupun pesantren. Namun, beliau merupakan mantan Presiden BEM KBM STEI SEBI yang notabena nya merupakan sekolah tinggi ekonomi islam.

Andriansyah memaparkan beberapa hal terkait menajemen konflik yang pada hakikat nya setiap orang pasti memiliki konflik, khususnya pada kelompok atau dalam organisasi. Saat ini kita sedang berada di alur kaderisasi ketiga, dimana dalam pemberian materi manajemen konflik ini sering kita rasakan. Namun, konflik tersebut akan teratasi jika kita mampu berkoordinasi dengan sesama anggota nya dengan meminimalisir.

Kemudian beliau memaparkan jenis-jenis konflik, sumber konflik, dan pencegahan konflik. Salah satu nya adalah disiplin dalam berorganisasi. Karena jika kita sudah menjaga terhadap diri sendiri dengan disiplin, sudah di mulai dari sekarang sehingga sampai saat nya nanti dalam berorganisasi akan terbiasa.

Dalam pencegahan manajemen konflik juga selain harus disiplin, namun komunikasi juga. Karena agar tidak ada miss komunikasi dengan anggota.

Sebagai contoh nya manajemen konflik pada masa rasullah saw, yang tercantum dalam al-qur’an :
“dan taatlah kepada Allah dan Rasulnya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” (Al Anfal (8) : 46)

  • Mendengar dengan seksama pendapat orang lain
  • Berlapang dada
  • Etika berdialog
  • Fokus pada hal-hal yang disepakati Menyebutkan keutamaan setiap pihak secara objektif

Konflik dalam orientasi islam sendiri, cara penyelesaiannya terdapat dalam al-quran surah an-nisa : ₁ “ Hai sekalian manusia bertakwalah kepada Tuhan Mu, yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan dari padanya Allah ciptakan Istrinya, dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan Nama Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

Jadi dalam manajemen konflik dalam sebuah organisasi, banyak sekali cara yang dapat kita selesaikan. Namun, harus sesuai dengan yang di ajarkan oleh Rasulullah saw. sebagaimana islam mengatur permasalahan-permasalahan konflik dengan cara penyelesaiannya.

Reni Marlina (Writer Executive Media)

Comments

comments