[Rangkaian Kegiatan Training Organization 2017 STEI SEBI] Manajemen Perubahan

Depok – STEI SEBI Depok dalam rangkaian kegiatan Training organization 2017 yaitu alur kaderisasi ketiga ini, memberikan beberapa materi yang melatih kepemimpinan angkatan 2016. Salah satu nya “manajemen perubahan” yang terjadi dalam sebuah organisasi. “Manajemen Perubahan” yang di paparkan oleh Ade Zuniarsa Putra, S.Ag merupakan seorang trainer nasional

Dimana perubahan dalam sebuah organisasi itu pasti terjadi. Sama hal nya dengan manusia pasti mengalami perubahan. Baik perubahan fisik maupun perubahan ruhiyah nya. namun, manajemen perubahan disini adalah dimana dalam memimpin sebuh organisasi perubahan yang terjadi dalam diri anggota maupun pemimpin nya.

BACA JUGA:  Scie-Cent IsEF SEBI Gelar Kajian “Edukasi Fintech"

Beliau memaparkan bahwa perubahan itu bagaimana cara kita mengelola organisasi, sama ha nya mengelola keluarga. Jika sudah cinta pada keluarga maka akan cara itu akan tertular juga pada kecintanan kita terhadap organisasi.

Dalam menciptakan manajemen perubahan itu hal pertama yang di lakukan adalah pertama, Niat. karena niat yang baik akan memudahkan kita untuk berorganisasi dengan niat yang lurus karena Allah swt. Kedua, visi & misi. Dimana dalam sebuah organisasi juga harus memiliki tujuan akan di bawa kemana sebuah organisasi untuk ke depan nya. seorang pemimpin juga harus peduli sama anggota nya, dan anggota nya juga harus mendengar apa yang di katakan pemimpin. Ketiga, ilmu berorganisasi. Karena ketika dia hadapkan dengan masalah besar bukan malah mundur namun mencari solusi nya, itulah penting ilmu dalam berorganisasi untuk setiap anggota dan pemimpinnya karena ini semua termasuk kedalam manajemen perubahan. Keempat, ketaatan kepada pemimpin. Jika kita tidak percaya pada pemimpin kita maka akan fatal. Kelima, Taaruf. Dimana taaruf disini harus saling mengenal antar sesama anggota. Karena mengenal sesama antar anggota itu penting untuk membangun keakraban dalam berorganisasi seperti keluarga. Keenam, kesepakatan bersama. Dalam berorganisasi disaat di rundung problem sudah seharusnya solusi nya adalah forum dalam musyawarah. Ketujuh mengedepankan husnudzon. Kedelapan, mengalah untuk kebaikan. Dan kesembilan, lancarkan komunikasi. Dimana komunikasi itu penting demi kelancaran organisasi. Jangan sampai ada miss komunikasi, agar bilamana ada suatu problem mudah menyelesaikannya jika komunikasi sudah lancar.

BACA JUGA:  IsEF SEBI Gelar Silaturahim Akbar ke-2

Manajemen perubahann yang baik memberikan perubahan yang baik apabila kita mampu mengatur nya. tidak egoisme atau hanya ego terhadap diri sendiri. karena adanya manajemen perubahan suatu cara dalam meminimalisir problem suatu organisasi.
Sekian,
Reni Marlina (Writer Executive Media)

Komentar

komentar