[Rangkaian Acara Training Organization 2017 STEI SEBI Depok] Public Speaking & Problem Solving

(Dok. STEI SEBI)

Pada rangkaian acara kegiatan Training Organization 2017 yang merupakan alur kaderisasi yang ketiga ini, dalam melatih mahasiswa baru angkatan 2016 STEI SEBI Depok bagaimana mahasiswa harus pandai bersosialisasi dengan masyarakat internal kampus maupun eksternal kampus terkait public speaking dan problem solving, yang akan semua mahasiswa rasakan dalam berorganisasi nanati nya.

Dalam rangkaian acara TO 2017 ini, STEI SEBI Depok menghadirkan pemateri Darmawan Haryanto, SH Merupakan seorang Trainer nasional asal depok beliau memaparkan beberapa point terkait Public Speaking & Problem Solving. Pertama, mengembangkan teknik public speaking. Kedua, Etika Public Speaking dan Ketiga, Action. Dimana dalam public speaking harus memiliki power full comunication, menggunakan kata intonasi tubuh dengan sepenuh nya tidak berbelit-belit sehingga orang mengerti apa yang kita sampaikan dengan melibatkan contoh materi atau informasi yang ingin di sampaikan. Kemudian beliau menyampaikan jika sudah berbicara di depan umum memberikan kesempatan pendengar untuk bertanya. agar pendengar juga paham dengan apa maksud yang kita sampaikan.

Dalam public speaking juga kita harus menguasai orientasi ruangan dan jarak pribadi, maksud nya agar apa yang kita sampaikan bisa tersampaikan kepada pendengar yang jauh. Misalkan dalam sebuah ruangan apa yang kita sampaikan harus terdengar ke pendengar yang ada di ruangan.

Darmawan juga menyampaikan bahwa ada 8 kunci berbicara di depan umum yaitu :

  • Penampilan
  • Konten
  • Penguasaan Ruang
  • Cara penyampaian pesan
  • Perhatian
  • Berikan contoh nyata dan relevan
  • Buatlah kata kunci
  • Tujuan

Sehingga jika kita sudah memahami ke 8 kunci diatas kita akan berani dan percaya di depan umum dan kita juga bisa menguasai teknik public speaking salah satu nya adalah landing (grabbing, conclusion dan mendoakan audiens, salam).

Kemudian dalam public speaking juga ada etika nya. Bagaimana cara kita berbicara di depan umum dengan Adab. Memberikan salam di awal berbicara di umum, karena itu meruoakan hal yang terpenting sebagai pembukaan di awal berbicara. Selain itu juga, jangan sampai salah menyebut nama orang. sehingga itu akan berbuah fatal sebagai apresiasi kita terhadap seseorang. Jika kita berbicara di depan umum tentu nya ada hambatan-hambatan nya eperti malu, gugup, dll. Namun, semua itu dapat diatasi dengan relaksasi (mengundurkan otot), tarik nafas dalam-dalam, memancing audiensi dengan pertanyaan ringan, berani menatap audiensi, kuasai intonasi, kuasai bahan secara sistematis dan kuasai rasa takut.

Kemudian di akhir materi beliau memberikan simulasi session public speaking kepada peserta training organization 2017. Dengan memberikan relaksasi kepada peserta TO 2017 dengan memberikan kesempatan kepada peserta untuk berbicara di depan umum dengan percaya diri menyampaikan apa yang mereka sampaikan dan pede terhadap diri sendiri.

So, public speaking itu mudah jika kepercayaan dalam diri kita sudah mulai muncul pede aja jangan malu-malu apa yang mau kita sampaikan. Salah atau tidak nya nanti akan ada yang meluruskan. Yuk! PD sama diri sendiri. pasti bisa public speaking. Semangat!

Di sesi penutup darmawan menyampaikan salah satu motivasi untuk pecaya diri berbicara di depan umum dari Rash Waldo Emerson “All Great Speaker were bad speaker at first”

Reni Marlina (Writer Executive Media)

Comments

comments