Komunitas Relawan Anak Baik Indonesia Wilayah Depok Gelar Aksi Kebaikan 2

(Dok. KORBI)

DEPOK – Komunitas Relawan Anak Baik Indonesia (KORBI) Daerah Depok kembali melaksanakan aksi kebaikan #2 yang berlokasi di Taman Lembah Gurame Depok.

Aksi kebaikan ini diselenggarakan dengan mengangkat tema Play With Science yang bertujuan untuk memberi edukasi serta pengalaman kepada anak-anak khususnya di bidang Sains.

Acara dimulai pukul 08.30 WIB, diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Musfiq selaku Ketua KORBI Daerah Depok, dan dilanjutkan pengarahan oleh Aldi selaku Ketua Pelaksana acara aksi kebaikan ini.

Sebelum acara dimulai, Pengurus serta Relawan mengumpulkan sebanyak mungkin anak-anak yang sedang bermain di lokasi. Sebelum bermain sains, semua berkenalan terlebih dahulu, anak-anak pun terlihat gembira dan antusias mengikuti acara tersebut.

Dalam aksi kebaikan ini juga di ajarkan tentang 3 kuadran kebaikan yaitu tolong, terima kasih dan maaf. Diharapkan 3 kuadran kebaikan ini dapat dipahami serta tumbuh menjadi pribadi anak baik Indonesia.

Percobaan yang pertama adalah Memasukkan telur ke dalam 3 gelas yang berisi air kemudian di campur garam dengan kadar yang berbeda-beda. Gelas pertama dengan kadar garam satu sendok makan dan ternyata setelah di masukkan telur reaksi yang terjadi adalah telur itu tenggelam. Gelas kedua di berikan garam dengan kadar garam 2 sendok makan dan ternyata hasilnya adalah telur itu setengah mengambang, dan gelas terahir di berikan nya garam dengan 4 sendok makan dan ternyata telur yang di campurkan ke dalam air menggambang. Maka dapat kita simpulkan bahwa ternyata ada hukum *_Archimedes_* yaitu:

Jika sebuah benda di celupkan ke dalam zat cair maka benda tersebut akan mendapat gaya yang di sebut gaya apung (gaya keatas) sebesar zat cair yang dipindahkannya maka semakin banyak garam yang di masukkan ke dalam gelas yang berisi air maka semakin besar juga kemungkinan telur itu mengambang.

Percobaan yang kedua adalah balon yang tidak akan meletus walau di tusuk dengan jarum setelah di olesi dengan minyak goreng.

Percobaan ini berhasil di lakukan dengan adik-adik dalam petualangan sains di lembah gurame ini. “Rahasia dari percobaan ini adalah adanya bagian balon (yang terdiri atas molekul _latex_) yang mengalami tarikan paling kecil. Saat balon di tiup maka bagian tengah balon akan tertarik lebih besar di bagian ujung, karena bagian ujung kurang begitu tegang maka bagian ini tidak pecah saat di tusuk benda tajam. Kita juga akan mengamati bahwa titik marker di bagian ujung akan lebih kecil (kurang mengalami tarikan) di bandingkan bagian tengah.”

Percobaan terahir adalah membuat minyak dan air berteman karena selama ini yang kita tahu keduanya tidak bisa bersatu, akan tetapi setelah di tambahkan sabun colek maka minyak itu dapat bercampur dengan air. Karena sabun memiliki sifat basa yang dapat menyatukan mereka.

“Saya pribadi memberikan apresiasi yang luar biasa untuk KORBI Depok dan juga Relawan yang ikut serta melancarkan Aksi Kebaikan hari ini, semoga pengalaman dan kontribusi besar dalam kegiatan ini menjadi bukti kepedulian kita terhadap lahirnya anak bangsa yang lebih baik,” jelas Musfiq, Ketua KORBI Depok. (Desi Rahmawati)

Komentar

komentar