Incar Pasar Internasional, Disdagin Depok Serius Bina Industri Kecil

Ilustrasi.

DEPOK – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok cukup serius dalam membina Industri Kecil Menengah (IKM). Pembinaan diberikan dalam bentuk pelatihan teknik prosedur ekspor agar produk IKM Depok tidak hanya bisa diterima pasar dalam negeri, tapi juga pasar ekspor yang peluangnya masih terbuka lebar.

“Untuk memperluas pangsa pasar, kita coba berikan pelatihan ke-10 anggota IKM yang kami seleksi ketat. Mereka yang terpilih ini nantinya akan dibina, baik dari sisi kemasan produk, sampai pada proses promosinya,” ujar Kepala Bidang Perdagangan Disdagin Kota Depok, Anim Mulyana seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok, depok.go.id, Selasa (21/3).

Dikatakannya, pelatihan ini merupakan awal untuk membangun dan menghidupkan perdagangan internasional, agar kemajuan bidang perdagangan juga dapat dinikmati IKM yang ada di Kota Depok.

“Beberapa produk yang disasar adalah makanan, craft dan fashion. Dengan pelatihan ini, mudah-mudahan mereka mendapatkan pengetahuan awal untuk mempersiapkan diri menuju pasar internasional,” harapnya.

Anim menyebutkan, saat ini jumlah IKM di Kota Depok yang tercatat di database Disdagin adalah sebesar 700 anggota. Peredaran produk IKM Kota Depok, kata Anim, saat ini sudah sampai mancanegara. Tapi, pola pemasarannya masih tradisional, karena masih menggunakan sistem titip barang.

“Mereka (IKM) biasanya hanya menitipkan produk ke teman yang ingin ke luar negeri. Dengan pelatihan ini, kami berharap pemahaman mereka bertambah, karena IKM Depok sangat berpotensi melakukan ekspor,” pungkasnya.

Komentar

komentar