Beban Listrik di Jabar Turun 89MW Selama Earth Hour

Ilustrasi

Beban listrik sistem Jawa Barat pada Sabtu, 25 Maret 2017 pukul 20.30 hingga 21.30 WIB saat Earth Hour 2017 diprediksi sebesar 6.778 MW atau turun sekitar 89 MW dari rata-rata pemakaian pada hari Sabtu di bulan Maret.

“Monitor beban puncak Konsumsi listrik di Jabar, beban puncak rata rata setiap hari Sabtu pada bulan Maret 2017 yakni dari pukul 20.30 – 21.30 sebelum dilaksanakannya Earth Hour adalah sebesar 6.867 MW,” kata Manager Niaga PT PLN Distribusi Jawa Barat Marjon Sinaga, dalam siaran persnya, Sabtu.

Ia menuturkan sebagai wujud kepedulian dan komitmen terhadap kelestarian lingkungan, PLN Distribusi Jawa Barat kembali berpartisipasi pada kampanye global Earth Hour 2017 di Kota Bandung, yang pada tahun ini seremoninya dilaksanakan di Gedung Sate, Sabtu malam.

BACA JUGA:  Zizara Gagas Ajang Cari Bakat "Face Of Muslimah"

Dalam seremoni Switch Off tersebut, PLN Distribusi Jawa Barat memberikan dukungan kepada Jaringan Komunikasi Bandung Bijak Energi (JKBBE) yang menjadi pelaksana dari rangkaian Kegiatan Earth Hour 2017 di wilayah Bandung dan Jawa Barat.

“Hemat listrik tidak akan mengurangi kenyamanan kita. Dengan berhemat listrik selain membantu agar tagihan listrik tidak besar kita juga turut berpartisipasi dalam mengurangi pemanasan global”, ujarnya.

PT PLN Distribusi Jawa Barat, kata dia, mengajak warga masyarakat untuk menghemat energi listrik dengan menerapkan prinsip “PIGURA” yakni pilih, tepat, guna.

BACA JUGA:  Zizara Gagas Ajang Cari Bakat "Face Of Muslimah"

“Bahwa hemat energi harusnya tidak hanya dilakukan saat perayaan Earth Hour saja, namun menjadi kebiasaan yang melekat pada perilaku sehari-hari,” kata dia.

Ia mengatakan dalam momentum Earth Hour ini PLN Distribusi Jawa Barat juga secara aktif turut berpartisipasi dengan mengimbau seluruh kantor layanan memadamkan listrik selama 1 jam pada tanggal 25 Maret pukul 20.30 – 21.30 WIB.

Dalam upaya mengimbau masyarakat agar selalu hemat listrik dan energi, PLN menyerukan slogan PIGURA, yang berarti Pilih, Guna, Rawat.

Pilih yaitu dengan memilih peralatan listrik yang hemat energi atau yang berdaya listrik rendah, Guna yaitu menggunakan peralatan elektronik sesuai kebutuhan, bila tidak sedang dipakai matikan peralatan elektronik dan jangan lupa cabut kabel dari stop kontak sehingga listrik tidak terus menerus dikonsumsi dan jangan membiarkan peralatan listrik berada dalam keadaan standby dalam jangka waktu lama.

BACA JUGA:  Zizara Gagas Ajang Cari Bakat "Face Of Muslimah"

“Rawat, rawatlah alat elektronik dengan baik salah satunya dengan membersihkannya secara berkala agar kinerja dari peralatan listrik tersebut dalam terus optimal dan tidak membutuhkan energy listrik yang lebih besar dari biasanya,” kata dia.

Melalui dukungannya terhadap Earth Hour 2017, ini PLN ingin menjadikannya sebagai momentum untuk mengedukasi pelanggan listrik PLN di berbagai daerah agar kesadaran untuk mulai melakukan gaya hidup yang hemat energy semakin terpublikasi dengan lebih luas.

Comments

comments