Beranda Bisnis & Ekonomi Peran Lembaga Keuangan Mikro dalam Mendongkrak Perekonomian Indonesia

Peran Lembaga Keuangan Mikro dalam Mendongkrak Perekonomian Indonesia

Indonesia, negeri dengan sumber daya alam yang melimpah. Tak heran jika negera – negara lain iri kepada Indonesia. Indonesia berpotensi menjadi pusat peradaban ekonomi umat. Dengan kekayaan yang dimiliki seharusnya Indonesia dapat memenuhi segala kebutuhan masyarakat tanpa harus mengimpor dari negara – negara lain.

Tapi lihatlah kondisi Indonesia saat ini. Sebagian besar masyarakat Indonesia masih berada pada garis kemiskinan. Dengan kondisi yang demikian rumit tentunya hal ini menjadi sebuah problematika bagi pemerintah Indonesia dan membutuhkan solusi cepat agar masalah tersebut dapat segera teratasi sehingga tingkat angka kemiskinan di Indonesia dapat berkurang dan bahkan tidak ada lagi masyarakat yang hidup digaris kemiskinan. Untuk itu diperlukan sebuah lembaga keuangan yang dapat hadir ditengah – tengah masyarakat guna mengentaskan kemiskinan dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Solusi dari masalah tersebut dibentuklah lembaga keuangan mikro yang mana lembaga ini di khususkan untuk memberikan pelayanan berupa jasa kepada masyarakat yang memiliki penghasilan minim serta masuk dalam garis kemiskinan. Selain itu untuk pengusaha mikro yang masih membutuhkan bantuan, lembaga keuangan mikro juga memberikan bantuan berupa pinjaman, pembiayaan usaha mikro dan pengelolaan simpanan.

BACA JUGA:  Pemkot Depok Gandeng 20 Mitra Usaha Fasilitasi Kartu Identitas Anak

Lembaga keuangan mikro mampu memberikan pelayanan kredit tanpa aturan yang ketat. Beragam jenis pelayanan keuangan relevan dengan kebutuhan riil masyarakat yang dilayani. Prosedur dan mekanisme yang digunakan kontekstual dan fleksibel, sehingga lebih mudah dijangkau oleh masyarakat yang membutuhkan.

Adanya lembaga keuangan mikro sangatlah membantu masyarakat untuk bisa bangkit dari kemiskinan. Pemberian pinjaman berupa modal usaha sangat membantu masyarakat sehingga produktifitas masyarakat meningkat dan penghasilan yang didapatkan memadai. Masyarakat dapat merasakan tingkat hidup yang lebih baik dan juga memiliki kesempatan untuk memperoleh asset dari kegiatan usaha mikro yang dikembangkan.

BACA JUGA:  Pentingnya Keterampilan Berbahasa Indonesia di Mata Penutur Asing

Perkembangan lembaga keuangan mikro mengikuti perkembangan aktivitas usaha para pelaku UMKM, jika UMKM semakin menghasilkan nilai tambah yang semakin besar maka kebutuhan akan pembiayaan bagi UMKM semakin besar pula yang berarti pasar usaha lembaga keuangan mikro semakin terbuka luas. Ini menjadikan usaha untuk memperkuat UMKM menjadi bagian yang tidak terpisahkan jika menginginkan lembaga keuangan mikro yang semakin kuat.

Azka Tahiyati

Komentar

komentar