Misteri Sepertiga Malam

Matahari terbenam suasana langit berubah menjadi merah keemasan. Awan hitam kini mulai menggantikan posisi awan yang awalnya putih layaknya salju. Bumi menjadi gelap seketika, saat itulah malam mulai menyapa penduduk bumi. Langit pun semakin indah dengan kelap – kelip bintang dan juga cahaya rembulan. Kumandang Azan maghrib terdengar dari berbagai penjuru negeri. Manusia berhenti sejenak dari aktivitas dan kesibukan yang dikerjakan pada siang hari namun masih ada sebagian orang yang memilih untuk tetap bekerja dan melanjutkan pekerjaanya hingga larut malam.

Ikhwah fillah, sadarkah kita bahwa Allah menciptakan malam agar kita bisa beristirahat dari penatnya aktivitas yang kita lakukan, dikarenakan tubuh membutuhkan istirahat. Tidur adalah karunia dari Allah SWT, Allah menjadikan malam sebagai waktu untuk beristirahat, rasa kantuk merupakan anugerah agar manusia dapat beristirahat. Sebagaimana firmaNya dalam surah An naba’ ayat : 9

“ Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat “ ( QS An naba’ : 9 )

Rasulullah Saw adalah teladan terbaik dalam segala aspek hidup termasuk tidur. Beliau tidak tidur melampaui batas yang dibutuhkan tubuh, namun juga tidak menahan diri untuk beristirahat sesuai kebutuhan. Inilah prinsip pertengahan yang beliau ajarkan. Selaras dan sesuia dengan fitrah manusia.

Manusia terlelap dalam tidurnya, bahkan asik menikmati tidur hingga subuhnya terlewatkan. Sedikit dari kita yang membiasakan diri untuk bangun malam dan mengingat Rabb yang telah menciptakan dan memberikan segala kenikmatan. Sangat disayangkan jika diantara kita ada yang melewatkan sepertiga malam saat – saat Allah menilai siapakah diantara hamba- hambaNya yang bangun dan mengingatNya. Saat itu juga malaikat jibril turun kebumi dan mencari hamba – hamba yang tengah mengingat Allah SWT.

Banyak manfaat yang diperoleh ketika seorang hamba membiasakan dirinya melaksanakan shalat tahajud, diantaranya memperoleh ketenangan jiwa, segala aktivitas yang dilakukan terselesaikan dengan baik, apa yang menjadi hajat Allah istijabahi dan yang paling utama Allah SWT akan memberikan derajat kemuliaan kepada orang – orang beriman yang istiqomah dalam sholat tahajud. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al Isra’ ayat : 79

“ Dan pada sebagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah – mudahan Rabb Mu mengangkat kamu ketempat yang terpuji “ ( QS Al Isra : 79 )

Abu utsman Al Khurasani berkata : Sesunggunya sholat malam itu dapat menguatkan badan, menyinari hati, menerangkan mata dan memberi kekuatan pada anggota badan.

Ikhwah filla semoga kita semua menjadi pribadi yang senantiasa menjaga amalan sunah, utamanya sholat tahajud. Adapun kunci sukses tahajud :

  • Himmah ‘Aliyah : cita – cita yang tinggi, sebab sedikit sekali mereka yang sanggup melakukannya. Jadikan tahajud sebagai amalan sunah pertama yang berada di benak kita.
  • ‘Amaliyah : lakukan tahajud dengan segera, artinya ketika bangun malam jangan tidur lagi, segeralah berwudhu dan laksanakanlah sholat tahajud.
  • Istiqomah : tahajud tidak akan berarti bila tidak dikerjakan secara disiplin dan berkesinambungan.

Azka Tahiyati

Comments

comments