Langkah Awal Kenalkan Eksyar di Tahun ke-11

Pemotongan pita oleh Ustadz Deni Purnama, Lc selaku perwakilan yayasan.

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Sebi pada tiap tahunnya mengadakan acara Gebyar Ekonomi Syariah (GES) yang mana pada tahun ini telah memasuki tahun ke-11. Acara yang mengusung tema “Indonesia Mandiri” ini menyelenggarakan Launching pada hari Kamis, 9 Februari 2017 yang bertempat di Sebi Hall STEI SEBI Depok dan dihadiri oleh 139 peserta serta beberapa perwakilan Lembaga.

Acara launching GES 11 dimulai pada pukul 16.53 oleh MC yang dibawakan oleh Evan Cahya Gibran dan Andi Riyatul dan kemudian dilanjutkan oleh pembacaan tilawatil quran oleh Abdan Syakur. Dalam acara ini pun tak lupa menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Sebi yang dipandu oleh Dirijen Arif Setiawan, dan dilanjutkan dengann sambutan-sambuan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Imam Soffan selaku ketua GES 11. Harapan dengan diselenggarakannya GES 11 ini adalah dapat membumikan Ekonomi Syariah di Indonesia. Seperti halnya yang disampaikan sang ketua GES 11 dalam sambutannya “ Di GES 11 ini kita memiliki 4 indikator yaitu, menciptakan pemuda kreatif dan inovatif yang berjiwa ekonom rabbani, menciptakan pemuda yang kompetitif dan dapat bekerjasama serta memiliki jiwa seorang ekonom rabbani, menciptakan masyarakat yang mampu merencenakan keuagan keluarga, memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama kepala desa bahwa untuk meningkatkan potensi desa dapat menggunakan ekonomi islam ”.

Ustadz Deni Purnama, Lc pun turut menyampaikan sambutan selaku perwakilan Lembaga. Dalam sambutan tersebut beliau menyampaikan keprihatinan pada Indonesia yang sangat rendah presentase masyarakat yang faham dengan ekonomi islam. “ pada tahun 2016 lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan survey khusus tentang keuangan syariah. Survey tersebut menunjukkan 8,11% indeks literasi keuangan syariah dan 11,06% indeks inklusi keuangan syariah. Hal ini dapat diartikan bahwa diantara 100 orang hanya 8 orang yang memahami ekonomi islam dengan baik.” Ujar ustadz Deni dalam sambutannya. Beliau pun turut menegaskan agar GES 11 ini merupakan agenda Dakwah bersama, “ Ini bukan agenda hura-hura, tapi agenda dakwah kita” ujarnya.

Seusai sambutan dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Ihsan Munawwar selaku Presiden BEM KBM STEI Sebi, Ustadz Deni Purnama, Lc. , Imam Soffan selaku Ketua GES 11 dan disaksikan oleh ketua Organisasi Struktural (OS) STEI Sebi dan perwakilan setiap Angkatan. Untuk lebih memeriahkan acara Launching GES 11 ini, KKM Mata Pena pun turut berpartisipasi dalam rangkaian acara Cipta Kreasi GES kemudian dilanjutkan oleh penampilan Rapp Publik yang menyanyikan lagu Jayalah Ekonomi Syariah (OST GES).

Ada yang berbeda dari acara Launching GES kali ini. Sharing seputar GES yang disampaikan oleh Eka Anan Kubota, SE menambah pengetahuan peserta terkait GES yang merupakan agenda tahunan STEI SEBI. Eka Anan Kubota, SE. Merupakan ketua GES 9. Ia menjelaskan sejarah singkat tentang GES dari awal dibentuk hingga sekarang “GES itu adalah ajang bergengsinya STEI SEBI, tujuan paling pertama adalah agar Sebi bisa manambah mahasiswanya dalam event ini, semakin kesini semakin berkembang. Tujuan kedua adalah mensyiarkan ekonomi syariah. Ketiga, mengenalkan GES di lingkungan masyarakat.” Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa GES itu milik bersama, “ GES itu bukan milik panitia saja, karena orang-orang yang tidak mengenal GES bisa mananyakan GES ini kepada siapa aja di STEI Sebi selain panitia.” Ucapnya. Sebelum acara ditutup, MC mebagikan doorprize terlebih dahulu kepada peserta yang bisa menjawab pertanyaan. Menjelang adzan maghrib, acara ditutup dan dilanjutkan dengan buka bersama.

Setelah Launching GES 11 ini akan diadakan berbagai kegiatan dan perlombaan dengan sasaran dari anak sekolah hingga masyarakat umum, “ Untuk itu kami mangadakan berbagai kegiatan seperti GES Goes to Nusantara, Gerakan Semangat Ekonom Rabbani, GES Goes to School dan lainnya. Harapannya dari kegiatan ini, kita sebagai mahasiswa dapat menyebarluaskan mengenai ekonomi islam” tambah sang Ketua GES 11 dalam sambutannya. (Del)

Komentar

komentar