Bunda, Jangan Berikan Gadget pada Anak di Usia Dini

Ilustrasi. (Istimewa)

Teknologi semakin canggih, banyak sekali bermunculan gadget-gadget baru di kalangan remaja. Salah satu nya adalah Android yang saat ini banyak di gandrungi kaum remaja. Globalisasi dan modernisasi nampaknya sudah memberikan kemajuan kepada masyarakat luas. Namun, tahukah jika Globalisasi dan Modernisasi ini dapat membawa kita pada hal-hal positif da negative. Tergantung bagaimana masyarakat selektif dalam memilih perkembangan teknologi yang canggih ini.

Bukan hanya anak muda, remaja, ibu-ibu,bapak-bapak namun anak kecil usia dini pun sudah banyak yang menggunakan Gadget. Beberapa mengungkapkan bahwa gadget adalah salah satu sarana komunikasi untuk saat ini. Memang benar, namun tahu kah bahwa anak-anak di usia dini saat ini yang sudah kehilangan harga diri nya, pelecehan, tindakan menyimpang lainnya yang di sebabkan oleh Gadget yang mereka miliki.

Salah satu faktor mendasar anak-anak di usia dini telah mengetahui aplikasi-aplikasi internet canggih yang dapat mereka akses kapan pun dan di mana pun. Ini sebabnya orang tua lah yang memberikan Gadget atau handphone kepada anak-anak nya pada usia dini atau terlalu terburu-buru.

Anak SD yang sudah mengenal Gadget bahkan bisa memberikan dampak positif dan negative pada orang-orang di sekitar nya. sebut saja si A yang karena kesibukan kedua orang tua nya, pulang pagi-sore-malam sehingga mereka memanfaatkan gadget untuk di berikan kepada anak nya. namun, tahukah bun. Anak yang kurang perhatian dari kedua orang tua nya memanfaatkan gadget sebagai teman hidup nya. ia jadikan handphone teman kemana-mana tidak lepas dari handphone. Miris, banyak waktu yang mereka habiskan hanya lewat telpon. Siang dan malam bermain games dengan gadget sesuka nya. akses internet yang canggih menyebabkan mereka terjerembab kedalam dunia pornografi yang mereka akses entah karena tidak di sengaja atau faktor lingkungan.

Kasus diatas lazim sekali terjadi di lingkungan kita. Banyak sekali mudharat gadget pada anak usia dini yang mereka pun kurang paham terkait penyalahgunaan gadget tersebut. Naudzubillah..

Salah satu cara agar anak tidak terlalu menghabiskan waktu dengan gadget nya atau bahkan jangan tergantung pada gadget dengan memberikan kegiatan-kegiatan positif terhadap anak, bimbingan belajar, bela diri, kepramukaan dan masih banyak lagi. Hal yang terbaik menjauhkan anak di usia dini pada gadget adalah perbanyak bergaul dan sosialisasi dengan sesama. Buatlah masa kecil anak kita sebagaimana mesti nya, sehingga pertumbuhan anak sekarang tidak cenderung pasif dengan aktivitas yang ada. Mereka tidak akan kaget setelah dewasa nanti memiliki masa kecil yang begitu indah tanpa harus dengan gadget. Jangan biarkan anak cucu kita menghabiskan waktu dengan gadget nya yaa bun.

Yuk, jangan dulu berikan gadget pada anak-anak di usia dini. Sarana komunikasi yang baik adalah salah satu nya dengan selalu berada di dekat anak. Kesibukan orang tua memang tidak ada yang tahu, namun kebersamaan bersama anak adalah hal yang utama di dunia.

Reni Marlina (Writer Executive Media)

Komentar

komentar