36.993 Keluarga di Depok akan Dapatkan Voucher Beras Sebesar Rp 110 Ribu per Bulan

Ilustrasi. (Istimewa)

DEPOK – Sebanyak 36.993 keluarga di Kota Depok akan menerima voucer yang dapat digunakan untuk membeli beras sejahtera (rastra).

Hal tersebut dikatakan Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kota Depok Dwi Rahma, di Balai Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (17/2).

“Pada 2016, Depok mendapat kuota 41.000 keluarga untuk rastra. Namun, untuk tahun ini, telah dilakukan verifikasi oleh pihak Kementerian Sosial dan hasilnya hanya 36.993 keluarga yang berhak mendapatkan voucer rastra,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dwi Rahma menjelaskan bahwa voucer yang berbentuk seperti ATM tersebut diisi oleh pihak bank yang melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sebesar Rp 110.000 setiap bulan.

BACA JUGA:  Viral! Aksi Siswa SMP Naik Tiang Bendera Saat Upacara Kemerdekaan

Voucer yang nantinya bisa digesek ini tidak hanya dapat ditukarkan dengan beras saja, melainkan juga dengan komoditas lainnya, salah satunya gula. Dengan nominal tersebut, masyarakat dapat memperoleh beras sebanyak 10 kilogram dan gula 2 kilogram. Beras yang bisa dibeli pun adalah beras yang kualitasnya jauh lebih baik daripada beras untuk rakyat miskin (raskin) yang kini sudah ditiadakan.

Sedangkan untuk pembelanjaannya sendiri, dipaparkan Dwi, dapat dilakukan pada warung yang sudah bekerja sama dengan e-warong. Nantinya, di setiap kelurahan memiliki beberapa e-warong yang dapat digunakan masyarakat untuk membeli rastra.

BACA JUGA:  Jelang Asian Games, Kemenkes Susun Modul dan Pelatihan Kegawatdaruratan

Penyaluran voucer ini sendiri nantinya akan didampingi oleh petugas Dinas Sosial (Dinsos) ota Depok dan dikawal langsung oleh operator Program Keluarga Harapan (PKH) pada setiap kecamatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Depok Kania Parwanti mengungkapkan pihaknya terus melakukan sosialisasi perihal voucer rastra ini kepada seluruh stakeholder dan juga para penerima voucer rastra itu sendiri.

“Jika sudah tersosialisasi dengan baik maka masyarakat sudah tidak lagi bingung dengan penggunaan atau pemanfaatan voucer rastra ini,” kata Kania.

BACA JUGA:  6 Negara Ini Miliki Destinasi Wisata Bagi Pecinta Kucing

Menurut Kania, pemberian informasi melalui sosialisasi langsung dirasa sangat efektif. Selanjutnya, sosialisasi itu ditindaklanjuti dengan menyebarluaskan informasi yang didapat kepada masyarakat secara langsung.

Comments

comments