Tips Tidur Sehat ala Nabi

Ilustrasi.

Sudah menjadi fitrah manusia butuh yang namanya istirahat ketika merasa lelah. Sebagaimana kita tahu dan rasakan bahwa tubuh ini tidak akan terasa selalu fit. Setelah banyak beraktivitas, anggota –anggota tubuh ini pasti akan terasa lelah, letih dan bahkan terasa seolah-olah tidak dapat bangkit lagi. Nah disaat seperti inilah kita biasanya perlu yang namanya tidur,yaitu istirahat total dan berharap bisa mengembalikan kekuatan tubuh kita.

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk istirahat. Tidur di malam hari berarti menyiapkan kembali tenaga untuk menerjang kesibukan di hari yang baru. Namun apakah teman-teman pernah merasakan ketika bangun tidur bukan kesegaran yang didapat tapi justru merasa lemas yang mengakibatkan kita malas beraktivitas? Nah Jika kondisi seperti ini kerap terjadi, sebelum kita memeriksakan diri ke dokter ahli mari sama-sama kita evaluasi kegiatan apa saja yang kita lakukan menjelang tidur. Mungkin bisa jadi ada kegiatan yang seharusnya tidak kita lakukan atau ada sesuatu yang kurang.

Berikut saya akan paparkan beberapa tips ala Rosululloh SAW agar saat kita tidur bukan hanya kenyamanan tapi juga keberkahan yang di dapatkan :

Pertama, cobalah untuk tidur lebih awal. Tidur lebih awal tapi dengan catatan harus mengerjakan sholat isya terlebih dahulu. Tdiur diawal waktu akan membantu kita memiliki waktu tidur lebih panjang dan bisa bangun lebih awal untuk melaksanakan sholat sunnah di sepertiga malam nanti. Sedangkan menurut para ahli kesehatan,tidur lebih awal akan mendukung organ hati dan sumsum tulang belakang dalam menjalankan perannya. Malam hari adalah waktu yang tepat bagi hati untuk menetralkan racun yang masuk kedalam tubuh kita dan merombaksel-sel darah kita yang rusak. Dan sumsum tulang belakangpun akan dengan leluasa bekerja dengan optimal dalam memproduksi sel-sel darah merah baru untuk di edarkan keseluruh tubuh.

kedua, bersihkan tempat tidur terlebih dahulu. Dengan kita membersihkan tempat tidur,minimal debu-debu yang hinggap bisa menjauh dan kita bis atidur dalam keadaan bersih.

Ketiga, wudhulah terlebih dahulu. Setelah selesai membersihkan tempat tidur jangan dulu langsung berbaring, pergilah ke kamar mandi. Kalau kalian terbiasa menggosok gigi dan mencuci muka maka mulai sekarang lengkapilah kegiatan trsebut dengan berwudhu. Karena selain bernilai ibadah, ternyata wudhu memiliki banyak manfaat dalam segi kesehatan bagi tubuh kita. Seperti yang di kemukakan oleh dr. Musthafa Syahatah yaitu seorang peneliti dari alexandria bahwa orang yang rajin berwudhu terutaa sebelum tidur memiliki kuman yang jauh lebih sedikit dari orang yang jarang berwudhu. Dengan melakukan menghirup air oleh hidung akan mencegah terjadinya penyakit pada bagian dalam hidung. Selain itu,berwudhu akan mencerahkan dan menjaga kelembapan kulit kita.

Keempat, bacalah surah-surah pendek pilihan. Saat kita mulai berbaring sempatkanlah membaca surah pilihan yaitu Al ikhlas, Al falaq dan An-nas sebanyak tigakali kemudian usapkan dengan kedua tangan keseluruh tubuh.

Kelima, matikan lampu kamar. Sebagaimana sabda Rosululloh SAW. : ”Padamkanlah lampu saat akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana dan tutuplah makanan dan minuman”(Muttafaqun alaih). Rosulullah menganjurkan untuk mematikan lampu berarti punya maksud dan tujuan tertentu selain antisipasi takutny terjadi kebakaran. Tapi, di era moderen seperti sekarang akhirnya terjawab sudah bahwa tidur dalam keadaan gelap mampu membuat kita kebah terhadap penyaakit. Itu terjadi karena kekebalan tubuh akan terbentuk lenih optimal . Selain itu, kondisi gelap juga dapat memicu pembentukan hormon melatonin yang berpran sebagai anti oksidan sehingga sel-sel tubuh akan terhindar dari radikal bebas yang berbahaya.

Keenam, posisi tidur miring ke arah kanan. Nabi SAW.bersabda: ”berbaringlah diatas rusuk sebelah kananmu”.(HR.Bukhori dan Muslim). Para ahli medis pernah melakukan riset bahwa tidur dengan posisi ini akan menurunkan resiko penyakit jantung,menyehaatkan lambung,dan banyak organ lainya. Dengan posisi tidur ke arah kanan menyebabkan banyak organ-organ penting tubuh tidak terhimpit oleh organ-organ lainya. Nah mulai sekarang kita hindari posisi tidur telungkup atau bahkan telentang, karena banyak sekali efek samping yang kurang baik untuk tubuh kita.

Ketujuh, meletakan tangan kanan di bawah pipi kanan. Dalam posisi ini tangan berguna sebagai alas tidur yang membuat posisi leher, posisi kepala dan posisi punggung berada dalam garis lurus. Perluu di coba nih teman-teman,karena posisi ini akan menghindarkan kita dari sakit leher akibat saah bantal atau posisi tidur.

Kedelapan,jangan lupa baca doa. Hafal dong sama doa sehari-hari ini? iya. betul banget teman. Jangan lupa membaca “Bismika Allaahumma ahya wa bismika amuut”.

InsyaAllah ketika kita sudah terbiasa melakukan delapan kegiatan tersebut Allah akan memberikan kita kenyamanan dan kesehatan yang tak ternilai harganya. Selamat mencoba,dan rasakan sensasinya.

Neni Nuraeni

Comments

comments