Teka –Teki Dibalik Sedekah

Ilustrasi. (Istimewa)

Oleh : Ipong Siti Syarifah – STEI SEBI

Islam merupakan agama rahmatan lil’aalamiin yang mengajarkan umatnya untuk memiliki sikap toleransi antar perbedaan agama. Mengajarkan untuk bersikap dermawan kepada seluruh umat. Banyak ayat di dalam Al-Qur’an beserta Hadits yang menganjurkan untuk bersedekah dengan menjelaskan keutamaan-keutamaan dari bersedekah.

Tidak banyak yang menyadari akan hal tersebut, sehingga banyak pula orang-orang yang enggan untuk bersedekah. Namun sesungguhnya orang yang bersikap dermawan dengan bersedekah berarti orang tersebut telah menambah investasi jangka panjang yang keuntungannya bisa di dapatkan bukan hanya pada saat itu saja, namun bisa di dapatkan juga bagi masa yang akan datang. Di samping investasi berupa materi, ia juga bisa mendapatkan kebahagiaan jiwa,terhindar dari mara bahaya, panjang umur, mendapatkan pertolongan dari orang lain serta membebaskan orang lain dari kesusahan.

Konsep sedekah yang diajarkan islam ternyata bukan hanya memberikan keuntungan bagi pelakunya saja, namun dapat memberikan keuntungan juga bagi penerimanya karena sudah membantu orang-orang yang tidak mampu, serta banyak penerima sedekah yang mendo’akan kebaikan bagi pemberi sedekah dan insya Alloh do’a mereka akan terkabul.

Sedekah juga merupakan salah satu media untuk menghapus dosa dan mendapatkan ampunan dari Alloh Swt, sehingga ia akan menjadi orang yang bahagia baik di dunia maupun di akhirat kelak. Apalagi jika sedekah ini menjadi amalan jariyah bagi orang yang memberikannya, sebagaimana di dalam Hadits Rosululloh SAW ;

“Apabila anak adam meninggal dunia, akan terputus semua amalannya kecuali tiga hal : sedekah jariyah,ilmu yang bermanfa’at, anak sholih yang mendo’akan kedua orang tuanya.”
Dalam hadits di atas sudah sangat jelas keuntungan bagi orang yang bersedekah. Terlebih lagi selain amalan tidak akan terputus, ia juga bisa mendapatkan manisnya iman.

Kadang kala ada juga orang yang ingin bersedekah namun ia tidak memiliki apa-apa untuk di berikan. Maka jangan khawatir, karena sedekah bukan lah dengan harta saja namun ada sedekah yang paling nikmat. Tanpa disadari bahwa dampak dari sedekah tersebut juga dapat menyambung tali silaturahmi yang membuat hubungan sesama manusia menjadi harmonis dan rukun. Lantas apakah sedekah yang di maksud tersebut? sedekah tersebut merupakn kebiasaan yang sering di lakukan dan semua orang pernah melakukannya, yaitu senyum. Senyum merupakan sebuah konsep sedekah yang paling mudah dan sederhana. Karena meski pun tidak memiliki harta, namun tetap orang bisa melakukan kebaikan.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullo SAW ;
“Senyum yang kalian berikan kepada saudara kalian adalah sedekah, melakukan amar ma’ruf dan nahyi munkar adalah sedekah, serta menunjukan jalan bagi orang yang tersesat juga bernilai sedekah.”(HR.Tirmidzi dan Abu Dzar)

Sungguh sudah sangat jelas banyak sekali keutamaan dan keuntungan dibalik bersedekah, maka dari itu apalagi yang harus kita tunggu untuk bersedekah, Banyak berbagai macam cara yang dapat di lakukan untuk bersedekah, jangan biarkan keistimewaan tersebut berlalu dari kehidupan yang amat singkat ini. Mulai lah dari sedekah yang paling mudah selanjutnya jika kita mampu maka bersedekahlah dengan apa yang kita punya.

Comments

comments