Pentingnya Sebuah Kreativitas

Ilustrasi.

Dalam perkembangan di era globalisasi ini, lahirlah sebuah karya karya yang sebelumnya tak terpikirkan di zaman sebelumnya, dengan perkembangan yang pesat di zaman ini semua yang tak mungkin menjadi mungkin, semua yang tak ada menjadi ada. hal ini karena karya karya yang diciptakan dari kreativitas individu-individu pada zaman ini. Sebuah karya tercipta dari individu yang memiliki kreativitas tinggi. Kreativitas merupakan sebuah proses yang dapat di kembangkan dan ditingkatkan.

Kreativitas lahir dari kebersihan hati, sebagai buah dari ibadah dan amalan- amalan yang berkualitas, hati yang bersih akan melahirkan ide ide yang cemerlang yang akan menjadi nilai tambah dalam kehidupan, maka dari itu kreativitas akan semakin lengkap dari ibadah yang berkualitas. Kreativitas adalah daya cipta dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang tidak ada menjadi ada, atau bisa diartikan sebagai Kemampuan yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan individu

Kreativitas begitu penting dalam kehidupan tiap individu, dengan kreativitas yang dimiliki individu akan melahirkan ide atau gagasan yang dapat meningkatkan dan mengikuti perubahan zaman yang ada dan sebalikanya tanpa kreativitas individu akan tergilas oleh roda perubahan zaman dan tidak mampu bertahan dengan perubahan yang ada. Seperti perusahan- perusahan besar yang bertahan, biasanya mempunyai suatu kebiasaan untuk mengembangkan dan meningkatkan kreativitas yang dapat melahirkan produk produk inovatif.

BACA JUGA:  Minat Membayar Zakat pada Lemabaga Amil Zakat

Ketika membahas tentang kreativitas, ada yang beranggapan individu yang kreativ adalah individu yang jenius, cerdas dan memiliki IQ diatas rata rata. Dan hanya dimiliki oleh segelintir individu saja. Tapi harus digaris bawai bahwa kreativitas tiap tiap individu berbeda-beda. Kemampuan , bakat pengetahuan, dari lingkungan juga dapat mempengaruhi kreativitas. Ada individu yang meningkatkan atau mengembangkan kreativitasnya dan ada individu yang membatasi diri dan tidak mengembangkan bakatnya, sehingga keativitasnya terpendam begitu saja. Dan sangat disayangkan jika kreativitas hilang dari kehidupan sang individu.

Tidak ada individu yang tidak memiliki kreativitas, semuanya memiliki, tergantung individu tersebut mau atau tidak untuk melahirkan dan meningkatkan kreativitas tersebut. Banyak cara untuk meningkatkan kreativitas individu, antara lain rasa ingin tahu dari suatu informasi , mengumpulkan informasi terbaru. Kini mendapatkan informasi dapat didapati dengan mudahnya dengan menjelajahi internet, membaca buku, diskusi, penelitian, kajian. Semuanya akan didapatkan dengan mudah ketika individu mau berusaha untuk menambah wawasan dan ilmu untuk meningkatkan dan mengembangkan kreativitas. Kemudian hal yang dapat meningkatkan kreativitas individu yaitu mau terbuka dengan hal yang baru, setiap saat mengalami perubahan, jadi sangat merugi apabila individu menutup diri dari hal hal yang baru, individu yang kreativ tidak terbelenggu dengan pendapatnya sendiri, ia dapat menerima masukan dari individu yang lain. Tentu, terbuka dengan hal yang baru tak harus untuk mengikuti semua, tapi dapat mengolah dan menyaring mana yang baik dan mana yang tidak.

BACA JUGA:  Dana Haji Sebagai Alat Investasi

Selanjutnya menjadi individu yang kreativ yaitu berani memikul resiko dari hal yang dikerjakan. Sebuah mimpi jika mengerjakan hal baru tanpa menanggung resiko. Seperti Thomas Alfa Edison yang menjadi individu kreativ yang gagal beribu ribu kali sebelum menemukan bola lampu, menjadi individu yang kreativ membutuhkan keberanian menanggung resiko, dan keluar dari zona yang nyaman.

Dalam meningkatkan kreativitas, tiap inidividu juga wajib untuk memiliki semangat yang membara, semangat yang membara akan membuat suatu hal yang dikerjakan akan terasa mudah. Semangat juga akan mampu melipatgandakan individu untuk terus berprestasi.

BACA JUGA:  Laporan Pansus 5 Soal Raperda Kota Depok tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD

Dan terakhir Kreativitas lahir dari kebersihan hati, sebagai buah dari ibadah dan amalan- amalan yang berkualitas, hati yang bersih akan melahirkan ide ide yang cemerlang yang akan menjadi nilai tambah dalam kehidupan, maka dari itu kreativitas akan semakin lengkap dari ibadah yang berkualitas. Kreativitas adalah daya cipta dan kemampuan untuk menciptakan suatu dari tidak ada menjadi ada, atau bisa diartikan sebagai Kemampuan yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan individu.

Semua dapat diraih ketika mau untuk berfikir jernih dan mencari informasi baru, dengan begitu kreativitas dalam hidup semakin berkualitas, meningkat dan berkembang sehingga dapat bertahan di era yang memiliki perubahan begitu cepat, jangan sampai kreativitas dalam kehidupan mati dan tergerus oleh zaman.

Ruli

Komentar

komentar