Pemkot Depok Ingin Manfaatkan Lahan Kosong untuk Pertanian

(Foto: Ria/Depokpos)

DEPOK – Pemerintah Kota Depok berniat untuk memanfaatkan sejumlah lahan kosong yang berada di beberapa kecamatan di Kota Depok. Lahan kosong yang luasnya ratusan hektare ini masih banyak terdapat di Kecamatan Tapos dan Kecamatan Sawangan.

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengatakan, Pemkot Depok masih menemukan ratusan hektare lahan di Kecamatan Tapos yang tak terpakai. Padahal lahan tersebut bisa dimanfaatkan untuk Pertanian di Depok.

“Atas seizin walikota, kami akan segera memanggil dinas terkait dan juga pemilik lahan. Nantinya lahan lahan ini dapat dimanfaatkan untuk Pertanian. Apalagi masih banyak petani yang konsisten bertani di Depok,” ujar Pradi kepada Depok Pos di Lapangan Balaikota Depok, Jawa Barat di sela sela acara Pasar Tani yang digelar Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Depok, Jumat (13/1).

BACA JUGA:  Zizara Gagas Ajang Cari Bakat "Face Of Muslimah"

Dikatakan Pradi, lahan tak terpakai ini sangat tepat jika dimanfaatkan untuk tanaman hortikultura seperti singkong dan ubi. Komitmen Pemkot Depok tetap akan menjaga lahan pertanian sebesar 10 persen.

“Sangat sedih jika melihat lahan pertanian tergerus oleh permukiman. Tapi memang kami tak bisa berbuat banyak karena kebutuhan akan rumah tinggal juga tidak bisa dihindari,” tutur Pradi.

Sementara itu, petani pisang dan pelaku UMKM keripik pisang Pardi Dongkal menyambut baik kegiatan Pasar Tani yang diikuti oleh puluhan petani dari 11 kecamatan di Kota Depok.

BACA JUGA:  IITCF Imbau Masyarakat Hati-hati Alokasikan Dana ke Travel

“Harusnya bisa setiap bulan digelar kegiatan seperti ini sehingga kami dapat terbantu untuk pemasaran. Karena pembelinya disini lumayan banyak,” ujar Pardi.

Dirinya juga berharap Pemkot Depok tetap mempertahankan keberadaan lahan pertanian agar tak tergerus permukiman dan kawasan komersial.

“Untuk dapat pisang kadang sulit. Kami kadang pakai pisang dari Sukabumi atau Lampung. Karena memang pisang dari Depok tidak terlalu banyak dan tidak mencukupi untuk kebutuhan pembuatan keripik pisang saya,” kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Serikat Tani Nasional Kota Depok ini. (RIA/ DEPOK POS)

BACA JUGA:  Jalin Silaturahim, Walikota Depok Gelar Buka Puasa Bersama Insan Pers Kota Depok

Comments

comments