PD Yuk! – Pentingnya Membangun Kepercayaan Diri

Ilustrasi. (Istimewa)Feature

Percaya diri adalah hal terpenting yang harus dimiliki seseorang, ketika ingin melakukan sesuatu kita harus memiliki rasa percaya diri, karena dengan itu akan ada banyak peluang. Dengan percaya diri kita akan merasa nyaman dimana pun kita berada.

1. Berfikirlah positif

Semua informasi yang masuk ke dalam fikiran kita pada hakikatnya bisa kita olah sendiri tanpa kita sadari. Contohnya ketika ada yang mentertawakan tingkah laku kita apakah kita akan kesal, sakit hati atau bahagia adalah pilihan kita. Ketika kita berfikir negatif sikap kita pun akan negatif, begitu pula sebaliknya, ketika kita berfikir positif sikap kita pun akan positif.

Pertama, jujurlah pada dirimu sendiri
Ketika ada orang yang mengatakan hal negatif tentang diri kita jangan terburu – buru membela diri, coba renungkanlah. Bisa jadi kita memang membuat kesalahan tanpa kita sadari. Maka cobalah untuk perbaiki diri kita.

BACA JUGA:  Sang Alang Rilis Lagu ‘Sontoloyo’ dengan Nuansa Karnaval

Kedua, sadarilah setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan
Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda dan pada hakikatnya saling melengkapi, kita harus bangga terhadap apa yang menjadi kelebihan kita dan juga menghargai atas apa yang menjadi kelebihan oranglain.

Ketiga, menyadari bahwa hidup ini menyenangkan dan hak semua orang. Selain materi dan uang, peluang, keluarga, prestasi juga kebahagiaan adalah rezeki yang harus kita syukuri. Kita fahami rezeki yang diciptakan adalah tanpa batas, lalu mengapa kita tidak percaya? It’s about believing, and it’s in our mind!

2. Jadilah sahabat bagi dirimu sendiri

BACA JUGA:  Pasien Rawat Jalan RSUD Depok Sekarang Bisa Daftar Online, Ini Caranya!

Terkadang kita menganggap diri kita terlalu rendah dan menganggap diri kita terlalu hebat sehingga berangan – angan tinggi tanpa adanya usaha untuk mencapainya, inilah yang membuat diri kita merasa sering gagal, pesimis dan tidak percaya diri. Pada hakikatnya kebesaran jiwa seseorang adalah ketika ia menghargai dirinya sendiri.

Pertama, buatlah daftar keberhasilan
Tulislah sekecil dan sebesar apapun prestasi yang kita capai, dengan itu akan menambah energi positif untuk diri kita.

Kedua, bersikaplah optimis
Kegagalan dan kekecewaan adalah hal yang wajar ketika kita melakukan sesuatu, banyak orang yang lebih sering mengalami kegagalan daripada keberhasilan. Ketika kita fokus terhadap kegagalan yang kita alami maka hidup kita akan dikuasai oleh kegagalan. Orang sukses adalah orang yang memandang seberapa banyak ia berhasil bukan gagal.

BACA JUGA:  Taufiek Bawazier: 80% Bahan Baku Plastik di Indonesia Masih Impor

Ketiga, ubahlah sikapmu terhadap kegagalan
Sikapilah kegagalan dengan hal yang positif, jadikan kegagalan yang kita alami sebagai pelajaran untuk kita bangkit kembali meraih keberhasilan. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman kita untuk memperbaiki kesalahan yang kita perbuat.

Keempat, cobalah untuk tidak lagi melihat kegagalan
Sebenarnya tidak ada kata kegagalan, yang ada hanyalah prasangka kita saja. Jika kegagalan kita anggap sebagai prasyarat keberhasilan maka tidak mungkin seseorang melihat kegagalan.
Yuk, belajar untuk mencintai diri kita sendiri, sebelum menuntut oranglain untuk mencintai kita ! (Fathimah Khoirotun Hisaan)

Comments

comments