Mulailah dari Memuliakan Orangtua

Ilustrasi. (Istimewa)

Oleh : Najiyah Ulfah Labibah – Mahasiswi STEI SEBI

Ajaran untuk berbuat baik kepada kedua orangtua dalam Al-Qur’an disebutkan sebanyak 13 kali, yaitu pada Surah Al-Baqarah : 83, 180, dan 215. Surah An-Nisa : 36, Al-An’am 151, Al-Isra’ 23 dan 24, Al-Ahqaf : 15, Al-Ankabut : 8, Luqman : 14, Ibrahim : 41, An-Naml : 10, dan Nuh : 28. Ditambah ayat-ayat yang berbicara tentang orangtua berkaitan dengan ihwal hubungan para Nabi dengan orangtua mereka.

Saudaraku, tidak ada kitab manapun yang lebih memperhatikan orangtua melebihi Al-Qur’an. Karena itu islam menjadi agama terdepan yang paling menjunjung tinggi penghormatan dan pemuliaan kepada orangtua. Apalagi dalam hadits-hadits Nabi pun ramai membicarakan tentang berbuat baik kepada orangtua. Secara ringkas, inilah kedahsyatan perhatian Al-Qur’an terhadap orangtua :

Pertama, menghubungkan perintah taat kepada orangtua dengan perintah taat kepada Allah swt. Dalam QS.Al-Isra’ : 23 “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada kedua orangtua dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”. Tidaklah seseorang dikatakan sebagai Ahli ibadah, penyembah sejati kepada Allah bila terhadap orangtua tidak baik. Indikasi kategori shalih bukan hanya bila menjaga hubungan dengan Allah swt tetapi juga kepada orangtua. Siapa yang tidak berbuat baik kepada orangtuanya, maka tidak berhak dikatakan baik hubungan ibadah pada-Nya.

Kedua, dikaitkan antara berterima kasih kepada kedua orangtua dengan syukur kepada Allah swt. Allah berfirman “Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orangtuamu, karena hanya kepada-Ku-lah kembalimu” (QS.Luqman : 14). Begitu indah kasih sayang orangtua, sampai Allah swt menyandingkan ketetapan syukur kepada-Nya dengan tanda terimakasih kita kepada orangtua kita.

Ketiga, berkaitan dengan ajaran cara berbuat baik kepada orangtua. Diantaranya adalah ajaran mendo’akan orangtua. Allah swt berfirman “dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, ‘wahai Tuhan-Ku, kasihilah mereka berdua, sebagaimana mereka berdua telah mendidikku pada waktu kecil.’” (QS.Al-Isra’ : 24)

Mengapa mendo’akan kedua orangtua memiliki kekuatan spesial? Karena yang meminta kita melakukan hal itu adalah Allah swt, zat yang menciptakan kita, memberi kita kesenangan, rezeki, ketenangan, kesuksesan hidup. Jadi, apabila kita mengikuti perintah-Nya maka insyaAllah kita akan memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Mulailah dari memuliakan orangtua sebelum kita memperjuangkan apa yang menjadi cita-cita kita. Semoga bermanfaat.

Comments

comments