Keutamaan Orang Berilmu

Ilustrasi.

Berbagai perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka mewajibkan bagi setiap orang untuk selalu mengetahui teknik dalam menggunakannya, bukan hanya dalam hal teknologi, setiap perbuatan dalam sendi sendi kehidupan akan membutuhkan teknik atau ilmu, maka mengetahui dan memiliki ilmu akan membuat hidup lebih terarah karena ilmu merupakan rambu rambu kehidupan, dimana dalam menjalankan kehidupan ini maka setiap manusia akan membutuhkan petunjuk jalan.

Orang yang memiliki ilmu bagaikan orang yang sedang membawa sinar dalam kegelapan, karena dari situlah jalan kebenaran akan terlihat. Berbagai aspek kehidupan yang dijalankan maka akan bisa dilaksanakan dengan benar, berbeda dengan orang yang tidak memiliki ilmu, maka dia akan hidup bagaikan orang buta, tidak tahu arah jalan dan petunjuk yang benar, itulah sebabnya mengapa ilmu sangat penting dimiliki oleh setiap manusia.

Beberapa alasan mengapa harus memiliki ilmu diantaranya adalah

Pertama, Allah akan meninggikan derajat orang berilmu, Sebagaimana dalam surat al mujadillah ayat 11, bahwa orang yang memiliki ilmu akan di tinggikan derajatnya oleh Allah, untuk itu sangat beruntung bagi orang yang memiliki ilmu, karena hidupnya akan selalu diperhatikan oleh Allah.

Kedua, Ilmu merupakan kebutuhan diri, ilmu merupakan kebutuhan pokok, membutuhkan ilmu sama saja ketika membutuhkan asupan energi seperti makanan dan minuman, karena dengan memiliki ilmulah setiap manusia akan mempunyai daya tahan hidup karena selalu mencukupi kebutuhannya dengan hal baik.

Ketiga, Sebagai cahaya kehidupan, orang yang mimiliki ilmu maka akan dipastikan hidupnya terarah dan mempunyai jalan petunjuk sebagaimana orang yang membawa sinar dalam kegelapan.

Keutamaan orang berilmu

Orang yang memiliki ilmu maka kedudukannya sangat berbeda dengan orang yang tidak memiliki ilmu. Hatinya akan selalu terpaut dengan Allah, semakin memahami kekuasaan allah akan semakin takut pada Allah. Balasannya bukan hanya di angkat derajat nya seperti yang telah Allah jelaskan dalam Al quran surat Al Mujadalah ayat 11, namun Allah juga akan memudahkan orang yang menuntut ilmu ke surga, malaikat dan semua makhluk dibumi memohonkan ampun kepadanya. Wallahu alam bisshowab

Nidaul Hidayah

Comments

comments