Film IQRO Sajikan Tontonan dan Tuntunan yang Edukatif

Poster film Iqro Petualangan Meraih Bintang. (foto:BK/Depokpos)

Satu lagi film religi dan ilmu pengetahuan yang mengangkat tema anak, yaitu film IQRO Petualangan Meraih Bintang. Film ini menjadi film pertama produksi Masjid Salman ITB dan Salman Film Academy yang disutradarai Iqbal Alfajri, dan diproduseri oleh Budiyati Abiyoga. Pada Minggu siang (22/1/2017) mengadakan Press Screening dan Gala Premiere, bertempat di XXI Senayan City, Jakarta.

Menurut Bens Leo selaku pengamat film yang hadir pada acara tersebut mengatakan bahwa film ini jarang menggabungkan antara unsur-unsur science ada unsur edukasi dan satu lagi masalah yang kaitannya dengan sosial. “Film ini true story, kejadian benar yang di Bosscha itu. Unsur lain yang tak kalah penting tentang unsur keagamaan maupun tentang bagaimana anak-anak ini harus mencintai sesuatu yang sifatnya ilmiah. Film ini langkah dan layak tonton,” ucap Bens Leo.

Foto bersama usai konpers di XXI Sency Jakarta (foto:BK/Depokpos)

Film ‘IQRO Petualangan Meraih Bintang’ ini, diperankan oleh aktor senior Cok Simbara (Opa Wibowo) dan aktris senior Neno Warisman (Oma). Dalam wawancaranya Cok Simbara pun mengatakan bahwa dirinya senang bisa terlibat dalam film ini, saat membaca skenarionya langsung menyetujui. Apalagi ada pesan-pesan yang mengajak anak-anak untuk belajar mengaji. Karena ada kesibukan yang lain, ia langsung syuting tidak perlu waktu lama.

BACA JUGA:  Demi Kemajuan Indonesia Harus Lakukan Revolusi Pendidikan 4.0

“Kalau profesor-profesornya sendiri yang saya perankan itu ada orangnya di Bosscha, tentu tidak sama persis seperti itu, karena aku yakin imaginasi yang ada di saya seperti itulah kira-kira. Saya berharap semoga tema-tema seperti ini harus kembali lagi diangkat. Karena ini kita sudah terlalu lama bermain di cerita-cerita yang kita tahu hanya di situ-situ saja. Ini ada moment di Iqro ini, semoga bisa membuka produser-produser yang lain berlomba untuk dakwah dan buat film yang baik lagi,” ungkap Cok Simbara berharap.

Hal senada dikatakan oleh Neno Warisman aktris senior, usai konpers juga mengatakan kepada Depok pos yang menarik saat syuting selama dua minggu di Bosscha, Lembang-Bandung di film IQRO yang bekerja adalah orang-orang film yang sholeh-sholeh. “Menariknya disini yang kerja timnya Sholeh, kan ada orang film jika waktu sholat datang dia cuek, kalau disini berbeda orang filmnya, petugasnya, sutradaranya semua yang terlibat sholat dan sholat jadi kan asyik,” ujar Neno sambil tersenyum.

BACA JUGA:  Menuju Pasar Tertib Ukur 2019, Disdagin Sosialisasikan PTU di Pasar Depok Jaya

Sementara Aisha Nurra Datau (Aqila) menampilkan pemeran anak pendatang baru ini juga mengatakan merasa deg-degan takut saat pertama kali bermain di film IQRO. Ia merasa belum puas dengan akting yang diperankan. Dalam film ini, Nurra mengalami kesulitan disaat pergantian emosi. “Pergantian emosi susah, dari senyum ke sedih itu susah, akhirnya berkat opa (Cok Simbara) saya bisa. Dengan opa diajarkan artikulasi, seperti penyebutan lafal huruf hidup,” kata Nurra putri sulung dari pasangan Ine Febriyanti dan Yudhi Datau.

Aisha Nurra Datau saat bersama Neno Warisman (foto: BK/Depokpos)

Film IQRO bergenre keluarga ini, ditulis oleh Aisyah Amirah Nasution, produser eksekutif Imam Choirul Basri dan Rosa Rai Djalal. Menceritakan tentang mengenai isu polusi cahaya di sekitar lokasi Bosscha, dimana pernah terjadi konservatotium terbesar di Asia ini yang tidak dapat berfungsi karena adanya pembangunan hotel di sekitar Bosscha. Dan film ini yang pertama mendapatkan izin untuk menggunakan teropong utama (teropong raksasa) Bosscha dan membuka atap Bosscha untuk mendapatkan visual luar biasa dengan kamera Drone.

BACA JUGA:  Ratusan Genset Untuk Penerang Pasca Gempa-Tsunami di Sulteng

Budiyati Abiyoga, selaku produser berharap agar film IQRO Petualangan Meraih Bintang dapat diterima oleh penonton. Bukan hanya penonton yang spesifik, sekarang yang menonton banyak komunitas. Penonton yang biasa dan industri sangat diharapkan agar tertarik menonton tema seperti ini. Film IQRO dibintangi oleh: Cok Simbara (Opa), Neno Warisman (Oma), Aisha Nurra Datau (Aqila), Adhitya Putri (Raudhah), Mike Lucock (Codet), Meriam Bellina (Ibunda Codet), Raihan Khan (Faudzi), dll. Film ini akan tayang serentak di bioskop pada 26 Januari 2017. (BKarmila/Depokpos)

Comments

comments