5 Penyebab Rusaknya Laptop yang Jarang Disadari

Ilustrasi

Di zaman teknologi yang semakin canggih, banyak orang yang menggunakan laptop untuk kegiatan sehari-hari seperti untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, tugas sekolah, keperluan bisnis, dan lain-lain. Banyak orang yang tidak sadar bahwa tindakan yang mereka lakukan kadang menjadi alasan dari rusaknya laptop secara tiba-tiba.

Berikut adalah 5 hal yang biasa dilakukan oleh orang secara umum yang tanpa disadari dapat menyebabkan kerusakan yang fatal pada laptop.

1. Bermain diatas kasur

Debu memiliki bentuk ukuran yang sangat kecil dan bahkan tidak terlihat. Tanpa kita sadari bahwa saat kita menggunakan laptop diatas kasur tanpa alas dapat menyebabkan debu-debu halus tersedot kedalam kipas laptop. Apabila hal tersebut sering dilakukan, maka akan menyebabkan menumpuknya debu pada mesin laptop dan membuat laptop menjadi cepat panas. Jika demikian, maka kinerja mesin laptop menjadi kurang baik dan dapat menyebabkan laptop mati secara tiba-tiba. Sebaiknya, gunakan fan khusus untuk laptopmu agar sirkulasi udara didalam laptop terjaga dan memperlancar kinerja mesin. Selain itu, dapat mengeluarkan debu-debu halus dari dalam laptopmu.

2. Menumpuk laptop dengan benda lain

Hal ini mungkin jarang dilakukan pada saat laptop diletakkan di atas permukaan datar seperti meja kerja. Namun, yang harus kamu perhatikan adalah saat kamu memasukkan laptop kedalam ranselmu. Posisikan layar atau LCD laptop menghadap punggungmu agar pada saat kamu merebahkan ranselmu, layar laptop tidak tertindih dengan buku-buku ataupun barang bawaan lainnya didalam ransel. Jika LCD sudah rusak, kamu harus merogoh kocek yang cukup lumayan untuk mendapatkan layar laptop kembali normal.

3. Tidak seimbang saat membuka laptop

Nah! Ini salah satu penyebab rusaknya laptop yang bahkan tidak pernah terfikirkan sebelumnya. Sebaiknya, saat membuka laptop posisikan tangan mu pada bagian tengah layar laptop agar seimbang. Laptop memiliki dua engsel pada sisinya. Apabila saat membuka laptop kamu lebih condong pada bagian kanan, maka engsel kiri akan menjadi kaku dan sebaliknya.

4. Baterai tidak terpasang sambil di-charge

Hal ini akan menyebabkan mesin laptopmu rusak karena kaget pada saat listrik mati secara tiba-tiba. Efeknya adalah menyebabkan laptop mati total. Mungkin kamu belum merasakan efeknya saat satu atau dua kali penggunaan seperti hal tersebut. Namun ternyata, efeknya akan terjadi dikemudian hari bahkan pada kondisi dimana kamu benar-benar membutuhkan laptopmu!

5. Bermain laptop sambil di-charge

Coba diingat-ingat lagi, seberapa sering kita menggunakan laptop dalam keadaan di-charge? Banyak orang tahu bahwa memainkan alat teknologi seperti laptop ataupun smartphone dalam keadaan di-charge dapat menyebabkan kembungnya baterai yang berdampak pada kebocoran baterai. Jika sudah bocor, maka daya baterai menjadi sangat lemah dan mudah habis. Bahkan yang lebih parahnya, kamu harus mencolok laptopmu pada saat kamu menggunakannya karena baterai sudah tidak berfungsi lagi. Mengingat cukup mahalnya harga dari baterai laptop ori, hal ini harus lebih diperhatikan lagi dalam penggunaan laptop sehari-hari.

Selamat menjaga laptop! Semoga bermanfaat. (Najiyah Ulfah Labibah-Mahasiswi STEI SEBI)

Komentar

komentar