Saat Masalah Datang Menghampiri

Ilustrasi. (Istimewa)

Oleh : Etika Rosy
(Mahasiswi Akuntansi Syariah STEI SEBI)

Sering kali kita mengeluh saat dihadapkan dengan suatu masalah. Kita menganggap bahwa masalah yang kita miliki jauh lebih besar dari pada masalah yang dimiliki oleh orang lain. kita juga sering kali beranggapan bahwa di dunia ini hanya kita satu-satunya orang yang memiliki banyak masalah dalam hidup. Padahal setiap orang memiliki masalah sesuai dengan porsinya masing-masing.

Saat kita dihadapkan oleh suatu masalah sering kali menganggap bahwa kita tidak mampu untuk menyelesaikannya. Perasaan menyerah dan mengeluh sering kali datang menghampiri dan meracuni pikiran kita. Karenanya kita merasa sangat terbebani dan terganggu atas hadirnya banyak masalah.

BACA JUGA:  Sombong Sebagai Sebuah Penghalang

Dalam QS. Asy-Syarh ayat 5-6, Allah SWT telah berfirman bahwa bersama kesulitan pasti akan ada kemudahan. Karena sesungguhnya satu kesulitan tidak akan mungkin mengalahkan dua kemudahan (Disebutkan dalam Tafsir Al-Qur’an Al-Azhim 7:598. Sanad riwayat ini hasan). Itu artinya Allah selalu mendatangkan kemudahan saat masalah datang menghampiri.

“Sesungguhnya jika Allah mencintai suatu kaum maka Dia akan menguji mereka. Barang siapa yang ridho (terhadap ujian tersebut) maka baginya ridho Allah dan barang siapa marah (terhadap ujian tersebut) mka baginya murka-Nya”. (HR.Tirmidzi dan Ibnu Majah Tarmidzi).

BACA JUGA:  Indahnya Bersyukur

Saat masalah datang menghampiri, hal pertama yang perlu dilakukan adalah bersabar dan belapang dada menerima semua masalah tersebut. Menerima dan menjalani semua masalah dengan penuh ikhlas. Selain itu ikhtiar,berdoa dan yakin bahwa ada pertolongan Allah SWT. yang akan menolong kita. Dengan begitu masalah yang kita hadapi akan teras lebih mudah.

Dengan masalah inilah yang akan menjadikan pola pikir seseorang menjadi lebih dewasa. Saat seseorag sering dihadapkan dengan banyak masalah, maka akan ada banyak pelajaran penting yang dapat diambilnya. Untuk itu kita harus senantiasa bersyukur atas cobaan yang telah menimpa kita. Karena dibalik cobaan, sering kali ada pesan indah yang dapat kita ambil hikmahnya.

BACA JUGA:  Indahnya Bersyukur

Komentar

komentar