Percasi Depok Tutup Tahun Dengan Turnamen Catur Kilat

Ilustrasi.

DEPOK – Menandai terbentuknya kepengurusan baru Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) cabang Kota Depok, yang di ketuai oleh H. Dadi Rusmiadi S.Sos, langsung menggebrak dengan mengadakan Turnamen Catur Kilat Lima Menit Perseorangan Master dan Non Master (digabung) pada hari Sabtu (24/12/2016) di aula kantor KONI Depok yang berada di satu kawasan stadion Merpati, Pancoran Mas, Depok.

Walau hanya menyediakan total hadiah tidak terlalu besar (Rp. 4.150.000 untuk peringkat 1-30) Turnamen ini sangat bergengsi karena melibatkan pecatur-pecatur andalan dari klub-klub yang ada di kota Depok.

Masing-masing klub, memiliki jatah atau kuota delapan pemain dalam turnamen catur cepat lima menitan plus increment (tambahan waktu 2 detik), dengan menggunakan sistem Swiss enam babak. Artinya, setiap pemain diharuskan bermain enam kali, yang pengaturan pertandingannya (pairing) sudah tersistem di program komputer. Pemain dengan nilai tertinggi, dan dengan beberapa indikator yang sudah di tetapkan (peraturan FIDE dan Percasi) inilah yang berhak menjadi juaranya.

Dari 52 pemain yang menjadi duta atlet andalan dari klub-klubnya, Maruntung Siringo-ringo (Klub Benteng Tapos), berhasil menyabet gelar juara satu pada perhelatan ini, dengan raihan poin 5 ½. Di tempat kedua, di raih oleh Dicky Zulkarnain (Klub Blunder, Sawangan) dengan poin 5. Dan posisi ketiga, diraih master nasional (MN) SudungTampubolon dengan poin lima.

Uniknya, dari turnamen ini, walau di ikuti oleh master-master nasional yang berdomisili di kota Depok, raihan gelar juara disabet oleh pecatur non master. Artinya, kualitas pecatur non master di kota Depok, relatif bagus, karena dari beberapa pertandingan, beberapa atlet non master berhasil unjuk gigi dengan menaklukan pecatur master nasional yang sudah kaya pengalaman di pentas catur nasional.

Hasil lengkap 10 besar turnamen catur kilat Percasi Kota Depok Cup Tahun 2016 :

1. Maruntung Siringo-ringo (Klub Benteng Tapos) poin 5 ½
2. Dicky Zulkarnain (Klub Blunder, Sawangan) poin 5
3. Sudung Tampubolon (MN) (Klub Blunder,Sawangan) poin 5
4. Roy Hans (Klub Catur Wisata) poin 5
5. Hasan (Klub Nusantara) poin 4 ½
6. Jamaludin (MN) (Klub Benteng, Tapos) poin 4 ½
7. Asliatama Ahmad (Klub Pion Baja) poin 4 ½
8. TavivYani (Klub Pion Baja) poin 4
9. Garry R. Jativa (Klub Blunder, Sawangan) poin 4
10. Murhadi (Klub Benteng, Tapos) poin 4

(Asliatama Ahmad)

Komentar

komentar