PDAM Depok Genjot Produksi Air 300 liter per Detik

Ilustrasi. (Istimewa)

DEPOK – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Depok Tirta Asasta menggenjot produksi air sebesar 300 liter per detik melalui proyek uprating Instalasi Pengolahan Air (IPA).

Proyek yang dilakukan di Jalan Legong Raya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi air bersih PDAM. Sebelumnya kapasitas produksi air bersih PDAM hanya 100 liter per detik, dengan diselesaikan uprating IPA ini PDAM akan mampu memproduksi 300 liter per detik air bersih.

Direktur Utama PDAM Tirta Asasta Kota Depok Olik Abdul Holik mengatakan setelah dilakukannya uprating IPA ini PDAM akan mampu menambah sebanyak 12 ribu pelanggan baru. Disamping itu PDAM Depok juga akan mampu meng-cover suplai air bersih pelanggan PDAM di daerah Kecamatan Tapos

“Pelanggan PDAM saat ini sebanyak 58.000, target 2017 pelanggan PDAM kurang lebih 70.000. Terkait suplai air ke daerah Tapos, selama ini suplai air pelanggan PDAM Depok di daerah itu masih dibantu oleh PDAM Bogor. Jika uprating dan instalasi pipa sudah selesai 2017 ini nanti suplai air bersih daerah Kecamatan Tapos, PDAM Depok yang cover,” papar Olik di Depok, Jumat (9/12).

Olik menambahkan, sebesar 55% dari laba setelah dipotong pajak 35% masuk ke Pendapatan Asli Daerah (PDA) Kota Depok. Misalnya tahun ini target PDAM kota Depok sebesar Rp6 milyar setelah dipotong pajak 35%, sisa laba 55% masuk ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Depok.

“Tahun ini kami menyumbangkan Rp 3,3 Milyar untuk PAD Kota Depok,” kata Olik.

Sementara itu, Wali Kota Depok Mohammad Idris menuturkan, proyek uprating IPA PDAM Kota Depok ini sudah mencapai 90%. Dirinya optimis proyek yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat ini selesai pada tanggal 25 Desember.

“Harapannya PDAM akan mampu meningkatkan jumlah layanan air bersih ke warga masyarakat Depok akhir tahun 2017 nanti,” ujar Idris. (RIA/DEPOKPOS)

Komentar

komentar