Paparkan Keikutsertaan BUMN pada Tax Amnesty, Menteri Keuangan Sedih

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Istimewa)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Istimewa)

DEPOKPOS – Sosialisasi Tax Amnesty yang digelar di Kantor Pusat Pertamina, Gambir, Jakarta Pusat turut menghadirkan Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan Republik Indonesia dan direksi serta BUMN. Dalam sosialisasi tersebut, Sri Mulyani sebagai penyelenggara merasa sedih melihat partisipasi BUMN yang masih rendah pada program pengampunan pajak atau Tax Amnesty.

“Saya sedih dengan partisipasi BUMN dalam tax amnesty. Agak Memalukan,” ujar Sri Mulyani sebagaimana yang dilansir dari Tempo, Rabu, (30/11).

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pajak, dari 701 BUMN yang terdaftar, baru 28 yang berpartisipasi pada program tax amnesty. Sebagian besar BUMN yang mengikuti tax amnesty berasal dari Jawa dan Bali, dengan total tebusan yang didapat dari 28 itu sebesar Rp. 13,01 miliar. Sedangkan untuk rata-rata jumlah tebusan yang dibayarkan oleh 28 BUMN tersebut sebesar Rp. 464,75 juta.

BACA JUGA:  Pesantren Rutan Cilodong, Sarana Efektif Bina Narapidana

Hingga saat ini tercatat dari data Direktorat Jenderal Pajak jumlah wajib pajak yang berpartisipasi dalam tax amnesti sebanyak 461.798 wajib pajak, dengan harta mencapai Rp. 3.948,27 triliun dan jumlah tembusan senilai Rp. 94,89 triliun. (Triditrarini)

Komentar

komentar