Hindari Kebiasaan Ngemil Dengan Cara Ini

Ilustrasi. (Istimewa)

Kebiasan buruk menyimpan cemilan seperti kue, permen dan cokelat bisa membuat Anda kecanduan dan akibatnya berat badan pun naik. Sedikit kebiasaan Anda ngemil saat santai dirumah atau bekerja di kantor sangat buruk efek sampingnya untuk kesehatan. Hindari kebiasaan ngemil dengan menggunakan cara sebagai berikut.

Makan yang teratur

Salah satu cara ampuh untuk menghindari kebiasaan ngemil adalah dengan tidak melewatkan jam makan 3 kali dalam sehari. Perut yang penuh memhuat kita enggan untuk ngemil atau sekedar mencoba 1 gigit cokelat atau 1 bungkus permen.

Lapar mata

Usai makan ada keinginan untuk makan sesuatu atau ngemil sesuatu. Biasanya kebiasaan ini adalah lapar mata semata, artinya hanya keinginan Anda yang besar namun bukan kebutuhan Anda. Hentikan kebiasaan ini dengan mengontrol kemauan yang tidak penting seperti lapar mata.

Minum air putih

Minum air putih yang banyak bukan hanya menyenangkan, namun juga baik untuk tubuh. Jika Anda sudah mulai bosan minum air putih biasa, boleh juga ditambahkan irisan jeruk atau mentimun. Bisa juga minum es teh manis dengan takaran gula yang sedikit.

Jalan santai

Salah satu cara ampuh untuk membunuh keinginan ngemil adalah dengan olahraga. Salah satu jenis olahraga santai yang bisa dilakukan adalah jalan santai.

Istirahat

Istirahat sejenak dengan memejamkan mata saat Anda di kantor bisa dilakukan untuk menghilangkan keinginan ngemil yang dating. Untuk Anda dirumah tidur siang sejenak dijamin bisa membuat Anda lupa untuk keinginan ngemil.

Sikat gigi

Sikat gigi, membersihkan gigi hingga menyemprotkan dan mencuci mulut dengan penyegar mulut bisa menjadi salah satu cara menghilangkan keinginan untuk ngemil. Mulut yang bersih biasanya membuat kita enggan untuk makan.

Kunyah permen karet

Kunyah permen karet dengan rasa mint atau mengkonsumsi permen pedas juga bisa dijadikan cara untuk menghentikan kebiasaan ngemil. Selain kalorinya sedikit, Anda pun bisa menikmati rasa lezat dari permen yang Anda kunyah.

Cemilan sehat

Cara terakhir yang bisa Anda coba yaitu mengkonsumsi cemilan yang sehat, misalnya makan buah stroberi, jus buah, roti gandum, dan cemilan sehat lainnya. Bisa Anda pilih untuk memuaskna keinginan ngemil Anda. (Nira)

Komentar

komentar