Film ‘Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak’ Dapatkan Subsidi dari Pemerintah Prancis

(Foto: twitter)
(Foto: twitter)

DEPOKPOS – Film ‘Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak’ karya sutradara Mouly Surya mendapatkan subsidi Aide aux cinémas du monde dari Kementerian Komunikasi dan Kebudayaan serta Kementerian Luar Negeri Prancis yang dikelola oleh Centre National du Cinéma et de l’Image Animée (CNC) dan Institut Français.

Konselor Kerjasama dan Kebudayaan Kedubes Prancis sekaligus Direktur IFI Marc Piton mengatakan film ini menjadi satu dari lima film yang mendapatkan subsidi dari kategori sutradara berpengalaman lebih dari dua film.

“Film Mouly yang didukung oleh CNC, IFI dan Cinema du Monde, menandakan semakin rekatnya kolaborasi Indonesia-Prancis dalam bidang sinematografi. Semakin banyak aktor kerjasama yang terlibat maka upaya untuk saling memahami dan saling mengapresiasi di antara kedua negara juga semakin baik,” ujarnya, Selasa (6/11), seperti dilansir bisnis.com.

Subsidi ini diberikan melalui mitra ko-produksi asal Prancis yaitu Isabelle Glachant dari Yisha Production, dan memiliki syarat 50%-nya harus dikeluarkan untuk jasa dari Prancis. Cinémas du Monde memiliki komite yang memilih project berdasarkan skenario film dengan kriteria penilaian seperti kualitas artistik, kemampuan menunjukan sudut pandang dan ide baru dalam skenarionya serta visi sutradara. Subsidi ini dibuat sejak tahun 2012 sebagai sarana diplomasi budaya dan membuka kesempatan kerjasama antara sineas mancanegara dan Prancis.

Pada 2015, Pemerintah Prancis mengeluarkan enam juta Euro untuk skema ini dan memberi subsidi kepada 50 feature film, dokumenter dan animasi bioskop. Beberapa sutradara besar yang pernah menerima subsidi ini antara lain Nuri Bilge Ceylan untuk film Winter Sleep yang memenangkan Palm’dor hadiah utama Cannes Film Festival 2013, Yorgos Lanthimos untuk film The Lobster yang memenangkan Jury Prize Cannes Film Festival 2015, dan Jia Zangke untuk film Mountain May Depart yang juga ada di kompetisi utama pada Cannes Film Festival 2015.

‘Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak’ menceritakan perjalanan seorang janda yang memenggal seorang perampok. Ia lalu membawa kepala sang perampok dalam sebuah perjalanan menuju kantor polisi. Film yang dibintangi antara lain oleh Marsha Timothy, Dea Panendra, Egi Fedly dan Yoga Pratama mengambil lokasi di Pulau Sumba.

Garin Nugroho bersama dengan Mouly Surya dan Rama Adi menulis skenario, sedangkan Rama Adi dan Fauzan Zidni bertindak sebagai produser. Proyek film yang digarap rumah produksi Cinesurya Pictures berkolaborasi dengan Kaninga Pictures dan Yisha Production ini sebelumnya telah masuk seleksi Asian Project Market (APM) di Busan International Film Festival 2015, terpilih sebagai salah satu penerimaNext Masters Support Program dalam ajang Talents Tokyo 2015 dan mempresentasikan proyeknya di Cinefondation L’Atelier di Cannes Film Festival 2016.

Komentar

komentar