Depok Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

Balaikota Depok. (San/Depokpos)

DEPOK – Kementerian Hukum dan HAM RI memberikan penghargaan kepada sejumlah kabupaten/kota yang peduli HAM. Penghargaan diberikan dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia sedunia ke 68 Tahun 2016 yang digelar di gedung Grahadi Surabaya, Kamis 8/12/2016

Penghargaan diberikan kepada 10 gubernur dan 228 walikota / bupati se Indonesia. Kota Depok untuk kali pertama mendapat penghargaan sebagai kota yang peduli HAM. Penghargaan langsung diberikan oleh Menteri Hukum dan HAM kepada Walikota Depok Mohammad Idris.

Adapun beberapa kriteria penilaian yang diterapkan, yaitu hak hidup, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, hak atas rasa aman, serta hak atas perempuan.

BACA JUGA:  Pewarta Depok Sepakat Bentuk Sekber

Penghargaan tersebut merupakan hasil usaha dan kerja keras seluruh stakeholder yang ada di Kota Depok.

“Alhamdulillah kota Depok mendapat penghargaan sebagai kota peduli HAM, ” ujar Idris dalam siaran pers Humas Pemkot Depok.

Lebih lanjut walikota Depok menegaskan Penghargaan tersebut merupakan hasil usaha dan kerja keras seluruh stakeholder yang ada di Kota Depok. Di samping itu, penghargaan ini diharapkan dapat memacu pemerintah daerah untuk dapat segera mengimplementasikan beberapa hal, seperti di antaranya rencana aksi nasional hak asasi manusia (ranham), strategi nasional akses terhadap keadilan, dan Three plus track yg mencakup pro poor, job, growth, justice, and environment.

BACA JUGA:  Wakil Depok Juara 1 Startup World Cup, Wali Kota Ucapkan Terima Kasih

Yang juga perlu dipahami adalah bahwa peduli HAM dalam kontek pemerintah daerah berarti memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat dan meningkatkan pelayanan publik. (Od)

Komentar

komentar