61,36% Wanita di Depok Sudah Berikan ASI Eksklusif

Suasana Seminar Menyusui dan Pemberian MPASI di Hotel Bumi Wiyata, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (18/12). (Bhakti Hariani/Depokpos)

DEPOK – Pemahaman akan pentingnya pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif kepada bayi usia 0-2 tahun telah dipahami dengan baik oleh para ibu di Kota Depok, Jawa Barat.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Depok, terdapat peningkatan jumlah ibu yang menyusui dan memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya. Pada tahun 2016 dari data Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) rumah tangga terdapat 61,36 persen ibu di Kota Depok yang menyusui dan memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya.

Angka ini mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun 2015 sebesar 53,07 persen. Data ini, diungkap Nadirah selaku Pelaksana Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Depok dilakukan dengan mendatangi langsung ke rumah tangga rumah tangga se-Kota Depok sehingga didapati data yang valid langsung dari para ibu yang memberikan ASI eksklusif.

BACA JUGA:  Madrasah Aliyah TechnoNatura Depok Menang di Kompetisi Robot Dunia

“Untuk tahun 2016 ini sosialisasi yang kami lakukan memang terbilang gencar jika dibandingkan tahun lalu. Kami menggelar Breastfeeding Fair pada bulan Agustus 2016. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam upaya kami menyosialisasikan pemberian ASI eksklusif kepada bayi,” ujar Nadirah kepada depokpos.com dalam kegiatan Seminar ASI Eksklusif dan Pemberian MPASI kepada bayi di Hotel Bumi Wiyata, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (18/12).

Dikatakan Nadirah, Pemkot Depok juga selalu menjalin kerjasama dengan pihak terkait lainnya untuk menggencarkan pemberian ASI eksklusif untuk bayi usia 0-2 tahun. Komitmen Pemkot Depok juga dibuktikan dengan tersedianya ruangan menyusui di hampir setiap lantai di Gedung Dibaleka 2 di Balai Kota Depok.

BACA JUGA:  Pemkot Depok Adakan Bimtek Administrasi RT, RW dan LPM

“Ruangan yang tadinya difungsikan untuk ruang khusus merokok kini dialihkan menjadi ruangan untuk ibu menyusui. Ruangan ini kini bersih dan steril sehingga para ASN ataupun non ASN dapat melakukan pemerahan susu untuk diberikan kepada bayi mereka,” tutur Nadirah.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Kota Depok Marthia Larasati mengatakan, Pemkot Depok sangat suportif untuk mendukung program ASI eksklusif ini. Salah satunya, kata Marthia, diwujudkan dengan tersedianya banyak ruangan menyusui di setiap area fasilitas publik yang ada di Depok.

BACA JUGA:  Kota Belimbing dan Potensi Friendly City

“Selain itu sekarang juga sudah ada peraturan daerah yang melindungi para ibu hamil, bayi dan balita. Peraturan Daerah ini juga mengatur tentang pemberian ASI eksklusif dan perlindungan kesehatan untuk ibu dan bayi,” ujar Marthia. (RIA/ NIRA/ DEPOK POS)

Komentar

komentar