20 Penulis Sumatera Barat Terima Apresiasi Gubernur Irwan Prayitno

Foto: Gubernur Sumatera Barat, H. Irwan Paryitno bersama Alwis dan para penerima Apresiasi Penulis, Selasa 13/12/2016. (Dokumentasi Maya Lestari GF)

PADANG – Gubernur Sumatera Barat, H. Irwan Prayitno beri apresiasi pada 20 orang penulis pada hari Selasa, 13 Desember 2016 di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat dalam acara Apresiasi Penulis dan Semiloka Kepenulisan yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Barat.
20 orang penerima apresiasi ini adalah para penulis buku yang baru saja dirilis oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Barat.

“Mengutip kata-kata Bapak Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI, bahwa banyak tokoh nasional dan pahlawan nasional asal Sumatera Barat adalah pegiat literasi, seperti menulis. Memerhatikan foto para pahlawan nasional asal Sumbar, tidak ada mereka yang memegang senjata, karena mereka berjuang dengan otak,” kata H. Irwan Prayitno ketika memberi kata sambutan pada acara ini.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 200 orang hadirin ini berlangsung dari jam 09.00 WIB hingga 13.00 WIB.

“Jika para penulis rajin berkarya, tentu apresiasi akan selalu terjaga. 20 buku dari 20 Penulis yang memeroleh Apresiasi Penulis Sumatera Barat 2016 ini adalah karya intelektual para Penulis asal Sumatera Barat,” kata Alwis, Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Barat pada kata sambutannya.

Adapun nama-nama 20 Penulis yang memeroleh Apresiasi Penulis Sumatera Barat 2016 ini adalah sebagaimana berikut; Deddy Arsya, Arif Rizki, Kurnia Hadinata, Firdaus Abie, S. Metron Masdison, Muhammad Subhan, Yetti AK, Tito Alexi, Ragdi F. Daye, Zelfeni Wimra, Denni Meilizon, A.R. Rizal, Rio SY Fitra, Karta Kusuma, Muhammad Muhsin Lahajji, Fatris MF, Donny Syofyan, Rona Almos, dan M. Yusuf.

“Pihak Perpustakaan memerhatikan para penulis Sumbar, belakang ini mereka semakin giat berkarya, sehingga muncul pemikiran untuk memberi apresiasi. Apresiasi Penulis Sumbar 2016 ini adalah untuk pertama kalinya diadakan, semoga berkelanjutan pada tahun-tahun mendatang,” kata Maya Lestari GF, salah seorang editor pada buku penulis yang memeroleh apresiasi ini.

Acara Apresiasi Penulis ini dilanjutkan dengan pengumuman para pemenang lomba penulisan cerpen, yang diakhiri dengan seminar lokakarya kepenulisan.

Seminar lokakarya kepenulisan yang diikuti oleh 75 orang peserta dari generasi muda Sumatera Barat ini menghadirkan pembicara; Zhu Qinchay, Maya Lestari GF, dan Denni Meilizon bersama Tim Halaman Budaya Haluan Minggu. (Muhammad Fadhli)

Komentar

komentar