Pahlawan Dalam Sejarah Kepahlawanan Indonesia

DSC_1535.jpg

DEPOK – Bertempat di  Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI), seminar kuliah umum dengan tema ‘Pahlawanan Dalam Sejarah Kepahlawanan Indonesia’ menghadirkan Prof. Dr. Susanto Zuhdi,M.Hum sebagai pembicara.

Profesor yang juga guru besar di FIB UI ini menyampaikan arti dari Pahlawan yang bukan sekedar orang yang telah memperjuangkan bendera Merah Putih

“Makna dari pahlawan itu sendiri adalah orang yang menonjol karena kebenaran dan keadilan bagi kemanjuan bangsa. Selain itu, pahlawan juga memperlihatkan nilai persatuan dan membentuk nilai solidaritas dalam mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat,” jelasnya dihadapan ratusan orang yang menghadiri acara tersebut.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa tanpa adanya pahlawan mungkin bangsa ini tidak merasakan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Lebih jauh, dalam materi yang disampaikannya, Prof. Dr. Susanto juga membahas tentang peran strategi sejarah yaitu berpaling ke masa lalu merupakan salah satu strategi paling umum untuk menafsirkan masa kini.

“Yang menggerakkan sikap itu bukan hanya ketidak-setujuan mengenai yang terjadi di masa lalu itu benar-benar berlalu, selesai, atau ditutup, tapi masa lalu merupakan penafsiran untuk tidak mengulangi kembali dimasa mendatang,” terangnya.

Tak lupa dia juga berpesan bahwa memperingati hari pahlawan tentu sudah tepat, tetapi menjadi “Pahlawan” yang berani tampil dan berbuat untuk kebaikan bersama akan lebih indah. Di antara lapangan pengabdian paling mendesak yaitu dibidang lingkungan sosial yang sudah begitu “koruptif” dan lingkungan fisik yang hancur karena kerakusan dalam mengeksploitasi alam. (Nira/Depokpos)

Komentar

komentar