Kembangkan Ekonomi Kreatif, Pemkot Depok Jalin Kerjasama dengan DRPM UI

46090202126-edit_drpm_ui.jpg

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok, menyambut baik gagasan dari Direkrorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI yang bekerja sama dengan Pemkot Depok dalam pembuatan data spasial terkait perkembangan ekonomi kreatif di Depok.

Hal tesebut ditegaskan Kepala Bappeda Hardiono saat memberi sambutan di Workshop Capacity Building Program Pengabdian Masyarakat Kolaborasi DRPM UI-Pemkot Depok, Rabu (23/11/2016).

“Kami sangat senang sekali diajak UI untuk bekerja sama dalam sebuah penelitian bidang ekonomi kreatif. Apalagi saat ini industri ekonomi kreatif di Depok telah menyumbang hingga sekitar 11,34% Pendapatan Asli Daerah Kota Depok,” jelas Hardiono.

BACA JUGA:  Wali Kota Lantik Sejumlah Pejabat Baru di Lingkungan Pemkot Depok

Sementara dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, Amy YS Rahayu mengungkapkan penelitian ini output-nya akan dibuat sebuah website Videographic Information System (VOIS) untuk geospasial sebaran industri kreatif di Depok. Menurutnya, walaupun Pemkot Depok sudah terdapat data sejenis, pihaknya ingin lebih update data berdasarkan database yang nyata saat ini.

“Misal ada masyarakat yang ingin mencari usaha fashion atau kuliner di Depok ada di mana saja, website kami akan bisa mendukung kebutuhan tersebut. Data kami juga sudah lengkap termasuk wilayah, umur usaha, usaha individual atau kelompok serta jenis usahanya,” ujarnya.

BACA JUGA:  Madrasah Aliyah TechnoNatura Depok Menang di Kompetisi Robot Dunia

Ia memberi masukan agar hasil penelitian yang dilakukannya ini bisa dilakukan monitoring oleh Pemkot Depok. Alasannya, agar data yang sudah didapat bisa memberi kemudahan pada Pemkot Depok dalam pendampingan UMKM yang mengarah pada marketing online dan city branding Depok.

“Tentunya harus dimonitor, tidak didiamkan begitu saja. Kami harapkan keberlangsungannya dan fasilitasi dari Pemkot sendiri. Kalau diimplementasikan akan lebih bagus lagi,” tutupnya seraya berharap.

Komentar

komentar