Henry Darmawan Hutagaol : Pajak itu dari Rakyat, oleh Rakyat, dan untuk Rakyat

Ilustrasi.
Ilustrasi.

DEPOK – Dalam Kelompok Diskusi Analisa Ilmiah (KEDAI) II LK2 FH UI yang bertajuk Upaya Pengampunan Pajak sebagai Pendukung Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia, Henry Darmawan Hutagaol, selaku dosen mata kuliah Hukum Administrasi Negara (HAN) di FH UI, menjelaskan tentang pajak dilihat dari kaca mata hukum.

Bertempat di Ruang Soemadipradja And Taher (SnT) Gedung C FH UI, ia menjelaskan tentang definisi pajak, bahwa pajak adalah sebuah kontribusi wajib yang sifatnya memaksa, berdasarkan undang-undang, tidak mendapat imbalan secara langsung, dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

BACA JUGA:  Wali Kota Lantik Sejumlah Pejabat Baru di Lingkungan Pemkot Depok

“Pemungutan pajak itu berdasarkan produk hukum dan dalam suatu negara demokrasi itu pajak berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat,” katanya Kamis, (10/11).

Oleh sebab pajak dibuat oleh undang undang, maka untuk pengecualiannya juga harus dengan produk hukum yakni Undang-undang, ungkap Henry.

Selain itu, pajak juga memiliki peran dalam pendapatan negara, sekitar 80 persen lebihnya digunakan untuk mendanai kepentingan negara.

“Jadi secara hukum, kita dapat melihat konstruksinya segala pajak untuk kepentingan negara berdasarkan Undang-undang” katanya. (Triditrarini Saraswati)

BACA JUGA:  Madrasah Aliyah TechnoNatura Depok Menang di Kompetisi Robot Dunia

Komentar

komentar